Bappeda Barito Selatan pastikan musrenbang bagian penentu prioritas pembangunan

id kabupaten barito selatan,barsel,musrenbang di barsel,Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Barito Selatan, Kalimantan Tengah,Edd

Bappeda Barito Selatan pastikan musrenbang bagian penentu prioritas pembangunan

Plt Kepala Bappeda Barito Selatan Eddy Purwanto saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Musrenbang didua Kecamatan, Senin (12/2/19). (Foto Diskominfo Barito Selatan).

Buntok (Antaranews Kalteng) - Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Barito Selatan, Kalimantan Tengah Eddy Purwanto memastikan dilaksanakannya musyawarah perencanaan pembangunan di tingkat kecamatan, salah satu upaya dalam menentukan prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan pemerintah.

"Dalam musrenbang dibahas dan disepakati sejumlah kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan, yang belum terakomodir dalam prioritas kegiatan pembangunan desa," kata Eddy di Buntok, Selasa.

Menurut dia dalam musrenbang juga disepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas, dan fungsi Perangkat Daerah Kabupaten. 

"Jadi musrenbang salah satu sarana untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Barito Selatan untuk tahun 2020 mendatang," tambahnya.

Disamping itu, ucapnya, juga berfungsi sebagai acuan menentukan kebijakan umum pembangunan serta untuk menetapkan rencana strategi, dan prioritas program pembangunan di Kabupaten Barito Selatan untuk tahun anggaran 2020 mendatang.

Pria yang juga menjabat epala Satpol PP, dan Pemadam Kebakaran Barito Selatan itu mengatakan adapun untuk tema pembangunan tahun pertama masa kepemimpinan Bupati, dan Wakil Bupati, Eddy Raya Samsuri, dan Satya Titiek Atyani Djoedir pada 2017/2018 difokuskan pada pembangunan, dan pembenahan infrastruktur, serta pelayanan publik.

Baca juga: DD dan ADD Barsel tahun 2019 alami kenaikan

"Kemudian untuk tema tahun kedua pada 2019 ini meliputi optimalisasi pengelolaan potensi daerah dalam rangka mewujudkan kemandirian daerah dengan wujud nyata pembangunan yang telah dilaksanakan, termasuk melaksanakan pembangunan jalan dengan sistem multy years (2018-2020)," kata dia.

Sedangkan untuk tema pembangunan tahun ketiga pada 2020 mendatang mengenai peningkatan daya saing berbasis sumber daya manusia, dan sumber daya alam untuk menggerakan ekonomi.

Ia juga menyampaikan, musrenbang di Kecamatan Gunung Bintang Awai, dan Kecamatan Dusun utara ini merupakan rangkaian terakhir dari kegiatan musrenbang yang dilaksanakan dari tanggal 8 sampai dengan 10 Februari 2019.

Musrenbang yang dilaksanakan ini kata dia, merupakan rangkaian dari seluruh tahapan penyusunan perencanaan setelah sebelumnya dilaksanakan musrenbang tingkat kelurahan, dan desa.

"Dari focus/tema pembangunan tersebut dapat menjadi acuan, serta dapat memilih, dan memilah usulan yang harus dilaksanakan sesuai dengan arah prioritas kebijakan pembangunan," kata Eddy.

Baca juga: Pemkab Barito Selatan pelajari pelaksanaan e-kinerja Kotawaringin Barat