DD dan ADD Barsel tahun 2019 alami kenaikan

id Dd,Add,Dana desa,Kalteng,Kalimantan tengah,Barsel,Barito selatan,Buntok

DD dan ADD Barsel tahun 2019 alami kenaikan

Presiden Joko Widodo saat menemui ribuan perangkat desa dari berbagai daerah Indonesia, di Istora Komplek GBK, beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Jumlah dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) di Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah, tahun 2019 alami peningkatan dibanding tahun 2018 lalu.

"Total keseluruhan DD dan ADD Barsel tahun 2019 ini mencapai Rp147,976 miliar," kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Barsel, Supriadi AS di Buntok, Senin.

Pada tahun 2018 jumlah DD hanya sebesar Rp70,547 miliar dan meningkat menjadi Rp82,580 miliar pada tahun 2019.

Sementara itu pada tahun 2018 jumlah ADD Barsel hanya sebesar Rp63 miliar lebih, sementara tahun 2019 meningkat menjadi Rp65,395 miliar.

"DD dan ADD tersebut peruntukkannya bagi 86 desa yang tersebar di enam kecamatan di Barsel," terangnya kepada Antara Kalteng.

Supriadi meminta, seluruh pemerintahan desa di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini, terus mempelajari pengelolaan anggaran yang benar sehingga terhindar dari kesalahan ataupun penyimpangan.

Penggunaan DD maupun ADD harus sesuai mekanisme yang telah ditetapkan. Semuanya harus dipertanggungjawabkan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kepada masing-masing desa, kami minta supaya menggunakan DD maupun ADD sesuai dengan peruntukannya," terang Supriadi.

Pihaknya berjanji untuk terus memberikan pelatihan dan pemahaman, agar penggunaan DD maupun ADD tidak menyalahi aturan serta memberikan manfaat bagi masyarakat di daerah.