Ini sikap KAHMI Kalteng pada pemilu 2019

id KAHMI,kalteng,kalimantan tengah,akbar tanjung,tokoh nasional,HMI,pemilu,netralitas,independen,politik,pileg,pilpres

Ini sikap KAHMI Kalteng pada pemilu 2019

Ketua Dewan Penasehat Majelis Nasional KAHMI, Akbar Tanjung (tengah) saat menjadi narasumber pada kegiatan silaturahmi bersama keluarga besar KAHMI wilayah Kalimantan Tengah, Palangka Raya. Selasa, (19/2/2019). (Foto Antara Kalteng / Muhammad Arif Hidayat)

...harus bisa berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan daerah serta perbaikan kualitas politik nasional di tingkat daerah
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) wilayah Kalimantan Tengah, berkomitmen untuk berpartisipasi secara aktif membantu suksesnya penyelenggaraan pemilu tahun 2019.

"KAHMI sebagai wadah berkumpulnya alumni HMI, harus bisa berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan daerah serta perbaikan kualitas politik nasional di tingkat daerah," kata Ketua Dewan Penasehat Majelis Nasional KAHMI Akbar Tanjung di Palangka Raya, Rabu.

KAHMI hanya berperan mengajak masyarakat untuk turut menyukseskan pemilu serentak tahun 2019, baik pemilu legislatif maupun pemilu presiden. Setiap anggota sudah memahaminya, bahwa organisasi ini tidak boleh dibawa ke ranah politik praktis.

Jelang pelaksanaan pemilu serentak pada 17 April 2019 mendatang, suhu politik semakin memanas dan perdebatan semakin banyak ditemui di berbagai kalangan masyarakat.

Akbar menyebut, KAHMI harus bisa berperan membantu menciptakan situasi yang kondusif dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan, guna menjaga keutuhan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Seluruh anggota yang tergabung dalam keluarga besar KAHMI, harus turut membantu pemerintah serta lembaga lainnya memerangi hoaks maupun ujaran kebencian yang disebar oknum tidak bertanggung jawab jelang pemilu," paparnya.

Setiap anggota KAHMI yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) memiliki hak untuk memilih pada pemilu. Ia pun menginginkan agar setiap anggota menyalurkan hak pilihnya dan tidak golput pada pemilu mendatang.

Ketua Umum KAHMI wilayah Kalteng, Rusliansyah mengatakan, pihaknya siap mendukung suksesnya penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019 di seluruh kabupaten/kota.

"KAHMI sebagai organisasi independen, tidak kemana-mana tapi ada dimana-mana. Jadi organisasi kami tidak memihak kepada siapapun," tegasnya.

Sementara itu, saat ini KAHMI telah terbentuk hampir di semua kabupaten/kota di Kalteng, kecuali Gunung Mas, Barito Timur dan Murung Raya.

Belum terbentuknya KAHMI di tiga kabupaten itu, sebab saat ini masih dilakukan pengumpulan data alumni HMI. Namun secara umum kegiatan konsolidasi berjalan baik dan lancar di setiap daerah ataupun tingkatan.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar