Polda Kalteng masih kekurangan 5000 personel bintara

id Polda Kalteng,Polda Kalteng masih kekurangan 5000 personel bintara,Kabid Humas Polda Kalteng Hendra Rochmawan

Polda Kalteng masih kekurangan 5000 personel bintara

Tangis bahagia Bintara Polri muda yang baru saja dilantik dan menyandang pangkat Bripda saat bertemu sanak keluarganya yang hadir di SPN Tjilik Riwut, Senin (4/3/2019). (Foto Istimewa).

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Kalimantan Tengah Kombes Pol Hendra Rochmawan mengatakan, bawah dengan berubahnya tipologi polda setempat dari B menjadi A ternyata membuat pihak kepolisian setempat memerlukan personel bintara sebanyak 5000 personel. 

"Berdasarkan tipologi A seharusnya Polda Kalteng memiliki 11 ribu personel, namun yang ada ini baru 6000 personel dan masih kurang sekitar 5000 orang lebih," kata Hendra Rochmawan di sela-sela kegiatan pelantikan 158 Bintara Polri muda yang dilaksanakan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Tjilik Riwut, Kabupaten Pulang Pisau, Senin. 

Hendra menegaskan, kendati masih banyak kekurangan personel untuk menjaga ke wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah, setiap tahunnya Polda Kalteng tetap melakukan perekrutan bintara polri muda dengan menyesuaikan anggaran yang di berikan oleh Markas Besar (Mabes) Polri. 

Bahkan yang menjadi anggota polri tidak lain adalah pemuda yang berdomisili di provinsi berjuluk 'Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila' yang memiliki luas dua kali lebih pulau jawa itu. 

"158 bintara polri muda ini setelah menyandang pangkat Bripda akan dikumpulkan di Mapolda Kalteng, sedangkan bintara sebelumnya akan di sebar ke polres jajaran yang ada di wilayah hukum polda setempat," ucap Mantan Kapolres Palangka Raya itu.

Ditambahkan perwira polri berpangkat melati tiga tersebut, acara pelantikan bintara polri baru yang dilaksanakan secara serentak se-Indonesia berjumlah delapan ribu lebih yang dilantik. 

Mereka juga akan segera diterjunkan ke masyarakat, serta juga akan dilibatkan dalam pengamanan pemilu legislatif dan presiden serta wakil presiden yang dilaksanakan 2019 April mendatang. 

"Semoga dengan adanya penambahan kekuatan personel kami bisa menjaga jalannya pemilu berjalan aman dan lancar sesuai dengan keinginan kita bersama," bebernya. 

Berdasarkan pantauan di SPN Tjilik Riwut dalam pelantikan Bintara Polri muda tersebut, juga di hadiri para orang tua mereka. Usai pelantikkan isak tangis para orang tua yang hadir dalam acara tersebut pecah, ketika melihat anaknya sudah menjadi seorang polisi berpangkat Bripda.

Bahkan sebelum bertemu sanak keluarganya, mereka juga memperlihatkan aksi pengamanan di suatu wilayah, dihadapan Kapolda Kalteng Irjen Pol Anang Revandoko. Dalam aksinya itu tentunya membuat para orang tua mereka bangga bahwa anaknya sekarang sudah berstatus menjadi Bintara Polri yang siap memberikan pengamanan kepada masyarakat Kalteng.