Masyarakat desa di Kabupaten Gumas dambakan embung

id kabupaten gunung mas,gumas,dprd kabupaten gunung mas,dprd gumas,Riantoe

Anggota DPRD Gumas Riantoe (Foto Antara Kalteng/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah Riantoe menyebut warga Desa Karya Bakti Kecamatan Rungan, mendambakan keberadaan embung karena sampai sekarang ini pihaknya kesulitan memenuhi kebutuhan terhadap air bersih.

"Warga Desa Karya Bakti sangat mendambakan embung. Selama ini mereka menggunakan sumur bor untuk memenuhi kebutuhan terhadap air bersih," ungkap Riantoe saat dibincangi di Kuala Kurun, Selasa.

Legislator yang berasal dari daerah pemilihan II yang mencakup wilayah Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini mengatakan, saat ini layanan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah tersedia di Desa Karya Bakti.

Keberadaan listrik ini dimanfaatkan warga setempat untuk membikin sumur bor. Hanya saja, tidak semua warga memiliki sumur bor. Kalaupun ada sumur bor, air yang dihasilkan tidak layak untuk dikonsumsi karena mengandung kadar besi yang tinggi.

Apalagi disaat musim kemarau tiba, warga Karya Bakti mengalami krisis air bersih dan terpaksa menggunakan air yang berasal dari sungai Jahemun. Jarak antara desa dengan sungai Jahemun terbilang cukup jauh, sehingga memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk mencapainya.

Baca juga: Zirkon berpotensi jadi PAD baru bagi Gumas

"Jika musim kemarau terjadi selama tiga bulan, warga Desa Karya Bakti pasti kesulitan air. Mereka terpaksa mandi di sungai Jahemun yang jaraknya sekitar lima km dari pemukiman warga," beber Riantoe.

Oleh sebab itu, warga Desa Karya Bakti mendambakan adanya embung di desa mereka, untuk memenuhi kebutuhan terhadap air bersih. Keinginan ini sudah disampaikan saat pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tingkat kecamatan.

Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini menyebut bahwa keinginan warga Desa Karya Bakti terhadap keberadaan embung untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih akan menjadi perhatian khusus.

"Ini jadi perhatian kita, karena ini terkait kebutuhan dasar masyarakat yakni air bersih. Keinginan warga Desa Karya Bakti terhadap embung nanti akan kita bahas dengan organisasi perangkat daerah terkait," demikian Riantoe.

Baca juga: Tempati kantor baru, pelayanan BPPRD Gunung Mas dituntut semakin baik

Baca juga: Wabup Gumas ajak wajib pajak ubah cara berpikir demi pembangunan

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar