UMKM mitra binaan Telkom harus kreatif dan manfaatkan teknologi

id PT Telkom Kalteng,kalimantan tengah,kredit telkom,umkm mitra binaan telkom,General Manajer PT Telkom Witel Kalteng,Mustadi

UMKM mitra binaan Telkom harus kreatif dan manfaatkan teknologi

Manajemen PT Telkom Witel Kalteng bersama perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Kalteng serta pelaku usaha mitra binaan foto bersama disela-sela kegiatan di Aula PT Telkom Kalteng, Selasa (26/3/2019). (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

Palangka Raya (ANTARA) - Para pelaku usaha mikro kecil menengah yang menjadi mitra binaannya PT Telkom Kalimantan Tengah, harus terus menggali kreativitas mengembangkan usahanya sekaligus lebih memanfaatkan teknologi.

Hal itu disampaikan General Manajer PT Telkom Witel Kalteng Mustadi saat membuka sosialisasi virtual account, pembekalan dan penyaluran pinjaman kemitraan triwulan I tahun 2019 sekaligus gathering dan sukses story di Palangka Raya, Selasa.

"Sekarang ini banyak bisnis yang tidak terlalu tergantung dengan modal. Asal kita terus berkreasi dan meningkatkan pemahaman terhadap teknologi," tambahnya.

Untuk meningkatkan pemahaman terhadap penggunaan teknologi, PT Telkom memiliki program bina lingkungan. Di mana program tersebut memberikan pelatihan terhadap para pelaku usaha lebih mengenal dan mengoptimalkan pengoperasian teknologi, khususnya internet dalam memasarkan produk-produknya.

"Jadi, kalau ada UMKM mitra binaan telkom yang ingin mengikuti programnya, silahkan disampaikan. Tapi tentu, program tersebut dilaksanakan secara berkelompok, bukan perorangan," kata Mustadi.

Baca juga: 163 UMKM di Kalteng mendapat pinjaman lunak dari Telkom

Selain memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM mitra binaan, PT Telkom kembali menyalurkan pinjaman lunak untuk triwulan I tahun 2019. Kali ini UMKM mitra binaan yang mendapatkan pinjaman lunak sebanyak 37 dengan total keseluruhan mencapai Rp1,242 miliar.

Kepala CDC PT Telkom Witel Kalteng Imam Sugiono mengatakan 37 UMKM yang mendapatkan pinjaman lunak tersebut tersebar di Kota Palangka Raya sebanyak 32 UMKM, Kabupaten Pulang Pisau dua UMKM, Kapuas dua UMKM, dan Gunung Mas satu UMKM.

"Bidang UMKM yang menerima kredit lunak tersebut 66,7 persen diantaranya pedagang, 26,4 persen jasa, 4,9 persen industri, dan 2 persen perikanan," kata dia.

Imam mengatakan penyaluran kredit lunak ini juga diisi dengan temu kangen semua mitra usaha binaan PT Telkom Witel Kalteng yang masih terregister di sistem. Di mana ada sekitar 60 UMKM mitra binaan turut hadir.

Baca juga: PT Telkom Kalteng kembali bantu puluhan UMKM

"Kami juga menghadirkan salah seorang motivator sekaligus pelaku usaha di acara ini. Tujuannya agar para pelaku usaha yang menjadi mitra PT Telkom semakin termotivasi mengembangkan dan memajukan usahanya," demikian Imam.

Dalam acara sosialisasi virtual account, pembekalan dan penyaluran pinjaman kemitraan triwulan I tahun 2019 sekaligus gathering dan sukses story, turut dihadiri Manager HR dan CDC PT Telkom Witel Kalteng, serta perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Kalteng.

Baca juga: Karyawan PT Telkom Kalteng semakin antusias donor darah