Aparat kepolisian diminta antisipasi meningkatnya kriminalitas di Kampuri

id DPRD Provinsi Kalimantan Tengah,dprd kalteng,reses perseorangan dprd kalteng,anggota dprd kalteng,lantas sinaga

Aparat kepolisian diminta antisipasi meningkatnya kriminalitas di Kampuri

Anggota DPRD Kalteng Lantas Sinaga saat melaksanakan reses perseorangan di Kabupaten Gunung Mas, beberapa waktu lalu. (Ist)

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Lantas Sinaga mengaku ada menerima aspirasi dari masyarakat Desa Kampuri, Kecamatan Mihing Raya, Kabupaten Gunung Mas yang mengeluhkan semakin meningkatnya kriminalitas di wilayah setempat.

Kriminalitas yang terus mengalami peningkatan menurut penuturan masyarakat Kampuri saat melakukan reses perseorangan adalah pencurian dan peredaran narkoba, kata Lantas di Palangka Raya, Jumat.

"Saya diminta mereka untuk menyampaikan ke aparat kepolisian agar meningkatkan pengawasan di Desa Kampuri. Bahkan mereka sudah menyediakan lahan untuk lokasi pembangunan polsek," beber dia.

Pengawasan dan pengamanan di Desa Kampuri sampai sekarang ini masih dibawah naungan Polsek Sepang yang lokasinya relatif jauh. Hal itulah yang mendasari masyarakat di Desa Kampuri menyediakan lahan dengan harapan dapat dibuat polsek sendiri.

Lantas yang merupakan anggota Komisi A DPRD Kalteng itu mengatakan, warga di Desa Kampuri ada juga menemukan sejumlah botol minuman di komplek persekolahan. Diduga kompleks persekolahan tersebut sekarang ini menjadi tempat mabuk-mabukan.

"Jadi mereka menganggap keberadaan polsek sangat dibutuhkan, karena kriminalitas dan peredaran maupun penggunaan narkoba semakin meningkat di wilayahnya. Sampai menyediakan dan memberikan lahan secara cuma-cuma untuk kantor polsek," ucapnya.

Baca juga: Masyarakat Sepang sediakan lahan dua hektare untuk pembangunan SMK

Selain pendirian polsek, warga Desa Kampuri juga mengharapkan adanya perbankan, atau setidaknya kantor pos. Sebab, sampai sekarang ini sejumlah warga di wilayah setempat kesulitan untuk melakukan pengiriman uang maupun pengambilan gaji.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas itu mengaku telah menyarankan masyarakat Desa Kampuri untuk membuat proposal terkait pendirian polsek, perbankan maupun kantor pos tersebut.

"Terkait Polsek, tentunya menjadi ranah jajaran Polri. Tapi kami akan berupaya keras mendorong agar usulan masyarakat Desa Kampuri dapat ditindaklanjuti," demikian Lantas.

Baca juga: Larangan membersihkan lahan dengan cara membakar masih jadi keluhan petani

Baca juga: Bangun jalan penghubung Jenamas-Pasar Panas, kata Legislator Kalteng