Pantau perkembangan sosial politik, Tim Pakem temui tokoh masyarakat Bartim

id kabupaten barito timur,bartim,Tim Pakem,pemilu 2019,kondisi bartim

Pantau perkembangan sosial politik, Tim Pakem temui tokoh masyarakat Bartim

Wakil Ketua Tim Pakem sekaligus Kasi Intel Kejari Bartim Arief Zein (dua dari kanan) memberikan informasi tentang situasi kondisi sosial politik jelang Pemilu 2019 kepada tokoh agama dan masyarakat di Kantor Kecamatan Dusun Tengah, Minggu (08/04). (Istimewa)

Tamiang Layang (ANTARA) - Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah mulai mengunjungi sejumlah tokoh masyarakat dan agama di wilayah setempat sebagai upaya memantau perkembangan sosial politik jelang pemungutan suara pemilihan umum pada 17 April 2019.

Kunjungan itu juga meningkatkan komunikasi dan silaturahmi kepada para tokoh, kata Kepala Kejaksaan Negeri Barito Timur sekaligus ketua Tim Pakem Roy Rovalino Herudiansyah melalui Kasi Intel selaku Wakil Ketua Tim Pakem Arief Zein di Tamiang Layang, Selasa.

"Kami juga ingin kunjungan itu untuk mencipta kondisi dan opini berdasarkan hasil rekomendasi rapat Tim Pakem Pusat yang telah dilaksanakan tanggal 21 November 2018 lalu," beber dia.

Tim Pakem Barito Timur dinahkodai Kejaksaan, Kesbangpol, Kemenag, FKUB, TNI dan Polri setempat akan mengunjungi 10 kecamatan di wilayah Kabupaten Barito Timur sebagai upaya untuk mendeteksi dini gangguan keamanan di masyarakat yerkait kerukunan umat beragama.

Arief mengatakan jika ditemukan potensi gangguan keamanan, ketertiban dan ketentraman umum termasuk didalamnya kerukunan umat beragama pada masa menjelang pemungutan suara Pemilu serentak nanti, maka akan dicarikan solusi secepatnya.

Baca juga: Wabup ingatkan masyarakat Bartim kemajuan bangsa ditentukan Pemilu 2019

"Secara umum diketahui bahwa perkembangan sosial politik nasional, dimana politik identitas cenderung meruncing, hoax, ujaran kebencian bahkan diantaranya membawa SARA yang mewarnai suasana dukung mendukung pada kontestasi Pemilu saat ini," ucapnya/

Tim Pakem Bartim juga mencoba mengajak dan merangkul para elite masyarakat yang ada di kecamatan-kecamatan agar mengambil peran aktif bersama untuk menjaga pesta demokrasi ini agar berjalan dengan sukses, damai, sejuk, penuh toleransi dan saling menghargai perbedaan pendapat.

"Kami juga meminta agar tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk menyerukan kepada masyarakat agar menggunakan hak pilih saat pencoblosan nanti," demikian Arief.

Baca juga: Lahan untuk bangun stadion sudah tersedia, kata Bupati Bartim