Ini jadwal libur pelajar di Palangka Raya jelang Ramadhan

id Kota Palangka Raya,Palangka raya,pelajar di palangka raya libur,libur jelang ramadhan,kepala dinas pendidikan palangka raya,sahdin hasan

Ini jadwal libur pelajar di Palangka Raya jelang Ramadhan

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Sahdin Hasan menjelaskan mengenai libur peserta didik di bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah saat menghadiri kegiatan di salah satu hotel yang berada di daerah setempat, Kamis (2/5/19). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah telah mengeluarkan surat edaran terkait proses libur pelajar, baik Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) jelang Ramadhan 1440 Hijriyah. 

"Peserta didik di awal bulan Ramadhan diliburkan dari tanggal 3-7 Mei, dan akan kembali masuk sekolah dari tanggal 8 sampai 24 Mei 2019," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Sahdin Hasan, Kamis. 

Dikatakan, selama liburan pelajar di palangka Raya untuk mengisi liburan dengan belajar, baik itu belajar tentang agama, belajar tentang mata pelajaran lain serta perbanyak ibadah di rumah. 

Sahdin mengatakan saran tersebut bertujuan agar pelajar yang sedang libur tidak menyalah gunakan massa liburannya. Apalagi sampai mengisi hal-hal yang negatif dan tidak bermanfaat. 

"Jadi meskipun mereka libur, kami tetap mengharapkan belajar di rumah, baik itu memperdalam ilmu agama serta lain sebagainya. Begitu pula dengan pelajar beragama lain melakukan hal yang sama," katanya. 

Baca juga: KPU Palangka Raya menargetkan pleno rekapitulasi selesai dua hari

Dijelaskan mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palangka Raya, untuk jam masuk sekolah akan dikurangi satu jam, semula dari pukul 07.00 WIB selama bulan Ramadhan jam masuk menjadi pukul 08.00 WIB.

Kemudian itu, setiap jam mata pelajaran ada yang durasinya 60 menit akan mendapatkan pengurangan baik 10-15 menit. Bagitu pula jam pulang juga dikurangai semula pukul 12.00 WIB untuk peserta didik di SD, menjadi 11.30 WIB. 

"Sama halnya dengan peserta didik yang duduk di bangku SMP, jam pulangnya juga dikurangi sekitar 30 menit selama bulan Ramadhan," ucap Sahdin.

Dia mengatakan untuk libur khusus akhir bulan Ramadhan akan di mulai pada tanggal 27-31 Mei. Selanjutnya libur cuti bersama dan libur hari raya Idul Fitri di mulai dari tanggal 3-8 Juni. 

"Jadi peserta didik kembali masuk sekolah pada tanggal 10 Juni 2019," demikian Sahdin.

Baca juga: Pemkot sediakan 119 ribu hektare untuk perpindahan ibu kota

Baca juga: Palangka Raya raih gelar juara umum STQ Kalteng keenam