Perlu partisipasi semua pihak dalam memajukan dunia pendidikan, kata DPRD Gumas

id Dprd gumas, rayaniatie djangkan, bidang pendidikan, hari pendidikan nasional, perusahaan besar swasta, daya saing, beasiswa, jenjang pendidikan, tangg

Perlu partisipasi semua pihak dalam memajukan dunia pendidikan, kata DPRD Gumas

Anggota DPRD Gunung Mas Rayaniatie Djangkan berbincang dengan peserta didik di wilayah setempat, baru-baru ini. (Foto Antara Kalteng/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Rayaniatie Djangkan berharap, peringatan Hari Pendidikan Nasional menjadi momentum bagi semua pihak untuk memajukan dunia pendidikan di wilayah setempat.

“Untuk memajukan dunia pendidikan, diperlukan peran serta dan dukungan dari seluruh pihak, mulai dari pemerintah, guru, orang tua, peserta didik, swasta dan lainnya,” katanya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.

Legislator yang berasal dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya dan Kurun ini mengatakan, untuk memajukan dunia pendidikan tentunya diperlukan dukungan utama dari pemerintah, baik pemerintah pusat, provinsi, hingga kabupaten.

Sejauh ini dukungan pemerintah di dunia pendidikan sudah cukup baik. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya beasiswa yang disediakan bagi peserta didik. Selain itu gaji guru di Gumas sudah sesuai upah minimum kabupaten (UMK) dan beberapa kebijakan lainnya.

“Guru di Gumas saya minta semakin disiplin, baik itu guru PNS maupun PTT. Apalagi saat ini gaji guru PTT sudah sesuai dengan UMK Gumas,” beber Rayaniatie yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pendidikan Gumas.

Orang tua juga diminta, agar mendorong anak-anak mereka untuk semangat dalam belajar serta menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Apalagi, saat ini pemerintah di berbagai tingkatan telah menyiapkan banyak program beasiswa.

Dengan adanya beasiswa tersebut, tidak ada alasan bagi orang tua untuk tidak menyekolahkan anak-anak mereka hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Apalagi beasiswa yang disediakan termasuk bagi mahasiswa, baik yang berprestasi maupun tidak mampu.

Perusahaan besar swasta (PBS) yang beroperasi di wilayah Gumas, juga diharapkan mendukung upaya memajukan dunia pendidikan. Salah satu yang dapat dilakukan oleh PBS adalah dengan menyalurkan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) di bidang pendidikan.

Politisi Partai Amanat Nasional ini berharap, kedepan dukungan dari pemerintah dan swasta semakin ditingkatkan, sehingga dunia pendidikan di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau dapat maju dan sejajar dengan daerah lain.

“Pendidikan adalah kunci utama memajukan daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kita semua harus berusaha, agar dunia pendidikan di wilayah ini dapat maju dan sejajar dengan daerah lain,” demikian Rayaniatie.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar