Pasar murah Kotim sangat membantu masyarakat kecil

id Pasar murah Kotim sangat membantu masyarakat kecil,Kotawaringin Timur,Ramadhan,Pasar murah,Sampit,Dinas perdagangan

Pasar murah Kotim sangat membantu masyarakat kecil

Kepala Bidang Perdagangan Disdagperin Kotim Muhammad Tahir menyerahkan secara simbolis paket sembako murah kepada warga Kecamatan Cempaga didampingi Camat Cempaga Sukarnedi, Rabu (22/5/2019). (Foto Istimewa)

Sampit (ANTARA) - Pasar murah yang digelar di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah dirasakan sangat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok selama bulan suci Ramadhan ini, apalagi saat ini harga kebutuhan masih tinggi.

"Masyarakat sangat antusias sekali dan sangat terbantu karena bisa membeli harga sembako dengan murah dan terjangkau karena disubsidi pemerintah daerah," kata Camat Cempaga Sukarnedi di Cempaga, Rabu.

Hari ini pasar murah dilaksanakan di Kecamatan Cempaga. Ini merupakan lanjutan pasar murah yang digelar di enam kecamatan di Kotawaringin Timur selama Ramadhan.

Bagi masyarakat  di kecamatan yang lokasinya jauh dari pusat kota ini, pasar murah tersebut sangat dirasakan manfaatnya. Selisih harga dirasa sangat membantu masyarakat menghemat pengeluaran belanja.

Pasar murah diprioritaskan untuk membantu masyarakat kurang mampu. Tujuannya agar pasar murah tersebut benar-benar tepat sasaran dan membawa manfaat besar bagi masyarakat.

Setiap paket terdiri dari beras 10 kg, minyak goreng dua liter, gula pasir 2 kg, mi instan lima bungkus dan susu kental manis satu kaleng. Harga barang Rp200.000 namun hanya dijual Rp150.000 karena disubsidi pemerintah daerah Rp50.000.

"Pembelian dengan sistem kupon yang sebelumnya dibagikan kepada mereka yang berhak menerima. Di kupon itu ada keterangan jenis, jumlah, harga dan tempat pengambilan," kata Sukarnedi.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kotawaringin Timur Muhammad Tahir mengatakan, pasar murah di Kotawaringin Timur dimulai Jumat (10/5) lalu. Pasar murah dilaksanakan di Kecamatan Mentaya Hulu, Seranau, Teluk Sampit, Telawang, Kotabesi dan Cempaga.

"Ini merupakan kecamatan terakhir untuk pelaksanaan pasar murah di bulan Ramadhan tahun ini. Mudah-mudahan bisa membantu masyarakat dan mudah-mudahan tahun depan bisa kita laksanakan lagi dengan jumlah yang lebih banyak karena masyarakat sangat antusias namun jumlah paketnya terbatas sesuai kemampuan anggaran," kata Tahir.

Total ada 2.800 paket sembako murah yang didistribusikan selama Ramadhan ini. Paket itu berasal dari pemerintah provinsi sebanyak 800 paket untuk dua kecamatan dan dari pemerintah kabupaten sebanyak 2.000 paket untuk empat kecamatan.

Operasi pasar murah yang dibiayai pemerintah kabupaten dilaksanakan di Kecamatan Mentaya Hulu, Telawang, Teluk Sampit dan Seranau. Setiap kecamatan mendapat alokasi masing-masing 500 paket sembako murah.

Sementara itu, pasar murah yang dananya dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan dilaksanakan di Kecamatan Kotabesi dan Cempaga. Masing-masing kecamatan dijatah sebanyak 400 paket sembako murah.

Setiap paket terdiri dari beras 10 kg, minyak goreng dua liter, gula 2 kg dan mi instan. Nilai paket sembako Rp200 ribu namun dijual dengan harga hanya Rp150 ribu karena Rp50 ribu disubsidi oleh pemerintah daerah.