Deretan buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes

id buah untuk penderita diabetes,diabetes,Deretan buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes

Deretan buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes

Ilustrasi buah-buahan (ANTARA News/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Para penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih makanan dan tetap harus teliti untuk menjaga kadar gula tetap stabil, termasuk untuk buah-buahan.

Seorang penderita diabetes dapat mengonsumsi buah dengan indeks glikemik yang rendah dan sedang. Buah-buahan yang berbasis air diyakini cukup bermanfaat bagi penderita diabetes.

Berikut adalah buah-buahan sehat yang jika dikonsumsi dalam jumlah sedang dan di bawah pengawasan dokter dapat mengendalikan kadar gula darah, menurut Boldsky, Kamis.

1. Jeruk Bali
Sebanyak 91 persen kandungannya terdiri dari air. Buah itu kaya akan vitamin C, memiliki indeks glikemik sebesar 25, dan jumlah serat larut yang tinggi. Jeruk Bali juga termasuk naringenin yang merupakan flavonoid dan dapat meningkatkan sensitivitas tubuh dari insulin.

2. Stroberi
Stroberi sarat dengan vitamin, antioksidan, dan serat yang membantu dalam mengendalikan diabetes. Selain itu, stroberi memiliki indeks glikemik 41 dan rendah karbohidrat. Stroberi menjaga perut tetap kenyang, membuat berenergi, dan membantu menyeimbangkan kadar gula darah.

3. Apel
Kaya akan vitamin C, serat larut dan antioksidan, apel dapat membantu Anda mengendalikan diabetes. Mereka juga mengandung pektin yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan mengurangi kebutuhan insulin pada penderita diabetes sekitar 35 persen serta memiliki indeks glikemik rendah 38.

4. Pir
Memiliki 84 persen kadar air, pir berlimpah dengan serat dan vitamin yang membantu menjaga kadar gula darah di bawah kendali. Pir dianggap sangat bermanfaat bagi diabetes karena membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan tingkat glikemik rendah pada 38.

5. Alpukat
Lemak sehat dan kalium dalam alpukat  bermanfaat bagi penderita diabetes. Alpukat juga membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat dalam tubuh. Buah itu memiliki indeks glikemik yang sangat rendah yaitu 15.

6. Jeruk
Jeruk kaya serat, rendah gula, tinggi vitamin C, dan tiamin. Konsumsi jeruk akan membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Mereka memiliki 87 persen kadar air dan memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Jeruk juga membantu Anda mengendalikan berat badan.

7. Plum
Selain rendah kalori, plum juga rendah dalam indeks glikemik. Plum adalah sumber serat yang membuatnya menjadi buah ideal untuk penderita diabetes dan jantung. Karena banyak pasien diabetes menderita sembelit, buah itu membantu meningkatkan sistem pencernaan dan menyembuhkan sembelit. Plum memiliki indeks glikemik 24 dan sangat rendah.

8. Nanas
Buah itu kaya akan sifat anti-virus dan anti-inflamasi sehingga nanas dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dengan indeks glikemik 56, nanas aman untuk dikonsumsi.