Pemkab Gunung Mas kirim 100 orang berkompetisi di FBIM Kalteng

id kabupaten gunung mas,gumas,festival budaya isen mulang kalteng,fbim 2019,bupati gumas,jaya s monong

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong (kiri) menyerahkan duaja Kabupaten Gunung Mas kepada Ketua Kontingen FBIM Kabupaten Gunung Mas Brikson, saat pelepasan kontingen di Kuala Kurun, Jumat (14/6/2019). (Foto : Diskominfo dan SP Kabupaten Gunung Mas)

Kuala Kurun, Gunung Mas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah mengirimkan 100 orang untuk berkompetisi dan mengikuti 10 cabang perlombaan di Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019 yang digelar di Palangka Raya, 17-22 Juni 2019 mendatang.

"Berlomba dengan penuh semangat, junjung tinggi sportivitas dan berikan yang terbaik bagi Kabupaten Gumas," kata Bupati Gumas Jaya S Monong saat melepas Kontingen FBIM Kabupaten Gumas di Kuala Kurun, Jumat.

Menurut dia FBIM merupakan even tahunan yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari jadi Provinsi Kalteng. Kegiatan itu perwujudan dan pelestarian nilai-nilai seni budaya serta olahraga tradisional yang dilakukan masyarakat di Kalteng.

Jaya mengatakan FBIM juga sebagai upaya pemerintah bersama seluruh kabupaten dan kota se-Kalteng dalam menguatkan nilai seni budaya yang berkembang di masyarakat, khususnya masyarakat Dayak.

Orang nomor satu di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini berpesan kepada pimpinan kontingen, pendamping dan seluruh peserta agar menjaga kekompakan, rasa kebersamaan dan saling toleransi antara satu dengan lainnya.

"Saya berpesan dan berharap kegiatan ini tidak hanya mementingkan hal-hal bersifat lomba dan juara. Yang lebih penting adalah bagaimana kontingen Kabupaten Gumas mampu berbuat, bertindak dan bersikan sesuai nilai-nilai budaya kita sendiri," ucapnya.

Baca juga: Bupati Gunung Mas sampaikan raperda LPJ APBD 2018

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gumas M Rusdi mengatakan bahwa kontingen Kabupaten Gumas terdiri dari 100 orang yakni pendamping, pelatih, koordinator cabang lomba, serta peserta.

"Para peserta ini berasal dari sembilan kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Gumas. Mereka dipilih dari hasil Festival Budaya Mihing Manasa Kabupaten Gumas pada tahun 2018 lalu," bebernya.

Dikatakan, Kabupaten Gumas akan mengikuti 10 cabang lomba yakni karnaval, karungut, habayang, balogo, mangaruhi, seni pencak silat membuka lawing sakepeng, dayung tradisional, masakan tradisional, manyipet, dan mengukir talawang serta memahat patung.

"Pemberangkatan kontingen FBIM Kabupaten Gumas menuju Palangka Raya akan dilakukan pada Minggu, 16 Juni 2019. Nantinya kontingen ditampung di Hotel Dandang Tingang Palangka Raya," demikian Rusdi.

Baca juga: RT diingatkan serius awasi perpindahan penduduk, kata Ketua DPRD Gumas

Baca juga: Bupati apresiasi ASN di Gunung Mas tak menambah libur

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar