Legislator Gumas nilai peningkatan ruas jalan antar kecamatan beri banyak manfaat

id Dprd gumas, legislatif gunung mas, kuala kurun, peningkatan ruas jalan, legislator, akses masyarakat, linau, tumbang jutuh, tewah

Legislator Gumas nilai peningkatan ruas jalan antar kecamatan beri banyak manfaat

Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas Riantoe. (Foto Antara Kalteng/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Riantoe menyambut baik upaya dari pemerintah provinsi yang telah mengalokasikan anggaran, untuk peningkatan ruas jalan antar kecamatan, yakni Kuala Kurun-Linau-Tumbang Jutuh.

“Jalan Kuala Kurun menuju Desa Linau dan Tumbang Jutuh, Kecamatan Rungan sangat besar manfaatnya bagi masyarakat, karena jika melewati jalur itu akan mempersingkat waktu,” katanya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.

Dia menyebut, jalan Kuala Kurun-Linau-Tumbang Jutuh menghubungkan antara Kecamatan Kurun dan sekitarnya dengan Kecamatan Rungan dan sekitarnya, dengan jarak tempuh yang cukup dekat jika dibandingkan dengan jalan lain.

Politisi Partai Nasdem ini mengatakan, ada sejumlah jalan bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing dan Manuhing Raya jika ingin menuju Kuala Kurun.

Diantaranya, masyarakat dapat menggunakan jalan Kuala Kurun-Linau-Tumbang Jutuh atau jalan Kuala Kurun-Tewah-Tumbang Jutuh. Tentunya masing-masing jalan memiliki kelebihan dan kekurangan.

Misalnya saja jalan Kuala Kurun-Tewah-Tumbang Jutuh lebih mudah dilewati dibandingkan jalan Kuala Kurun-Linau-Tumbang Jutuh. Namun, waktu yang ditempuh jika melewati jalur tersebut cukup lama, sekitar dua setengah jam.

“Jalan Kuala Kurun-Linau-Tumbang Jutuh waktu tempuhnya hanya sekitar satu setengah jam, lebih cepat jika dibandingkan jalan Kuala Kurun-Tewah-Tumbang Jutuh. Namun jika hujan jalan akan sulit dilewati,” bebernya.

Disamping itu, kata dia, di jalan Kuala Kurun-Linau-Tumbang Jutuh hanya ada satu titik yang rawan banjir. Sedangkan jalan Kuala Kurun-Tewah-Tumbang Jutuh lebih dari dua titik yang rawan banjir.

Oleh sebab itu, dia menyambut baik langkah Pemprov Kalteng yang akan melakukan peningkatan ruas jalan Kuala Kurun-Linau-Tumbang Jutuh, karena manfaatnya akan sangat besar bagi masyarakat.

Sebelumnya, Bupati Gumas Jaya S Monong mengatakan bahwa Pemprov Kalteng telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp6,9 miliar untuk melakukan peningkatan jalan Kuala Kurun-Linau-Tumbang Jutuh.

“Pemprov Kalteng juga telah mengalokasikan anggaran untuk peningkatan jalan dari Bawan, Kabupaten Pulang Pisau menuju Kuala Kurun sekitar Rp23,1 miliar serta program pembangunan atau rehab rumah ibadah sebesar Rp310 juta,” jelas Jaya.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar