Perencanaan dan anggaran program prioritas Pemprov harus sinkron

id dprd kalimantan tengah,dprd kalteng,kalteng,lodewik c iban,anggota komisi b,karhutla

Anggota Fraksi Partai Nasdem sekaligus Anggota DPRD Kalteng Lodewick C Iban. (Foto Antara Kalteng/Jaya Wirawana Manurung)

Palangka Raya (ANTARA) - Fraksi Partai Nasdem DPRD Kalimantan Tengah mengingatkan pemerintah provinsi agar dalam merealisasikan program prioritas, perencanaan dan penganggaran harus disinkronkan terlebih dahulu.

Sinkron itu sangat diperlukan agar tidak ada kesalahan sekaligus menutup peluang terjadinya ketidaksesuaian antara yang direncanakan dan dianggarkan, kata perwakilan Fraksi Partai Nasdem DPRD Kalteng Lodewik C Iban di Palangka Raya, Kamis.

"Jadi, saat organisasi perangkat daerah (OPD) melaksanakannya lebih optimal dan sesuai dengan yang ditargetkan," ucapnya.

Selain masalah itu, Fraksi Nasdem juga mengingatkan Pemprov Kalteng harus berinovasi dan bekerja lebih keras menangani masalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Sebab, sekarang ini, sebagain wilayah Kalteng, khususnya Kota Palangka Raya sudah dilanda kabut asap.

Anggota Komisi B DPRD Kalteng itu mengatakan pemprov juga harus memiliki upaya nyata, terencana, terukur dan berkesinambungan agar persoala karhutla ini rutin terjadi setiap tahun.

Baca juga: Lahan terbakar harus segera ditanami, kata Legislator Kalteng

"Karhutla kan tidak baru sekali ini terjadi, tapi nyaris setiap tahun. Jadi, perlu dibuat strategi berkaitan dengan pencegahan, pengendalian serta penanganan dampak karhutla," kata Lodewik.

Menurut wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas itu, pemprov untuk tahun ini kurang siap mencegah serta menangani karhutla. Hal itu terlihat dari banyaknya lahan yang terbakar, dan lambat melakukan penanganan.

Dia mengatakan penanganan karhutla, khususnya yang terjadi di lahan gambut kurang memerhatikan aspek karakteristiknya. Alhasil, pemadaman yang dilakukan justru memperparah semakin pekatnya asap di sejumlah wilayah.

"Kesiapan anggaran untuk pencegahan dan penanganan karhutla juga perlu lebih diperhatikan. Jadi, kondisi seperti sekarang ini bisa dicegah. Sekarang ini kan kabut asap di mana-mana. Itu sangat tidak baik bagi kesehatan masyarakat," demikian Lodewik.

Baca juga: Akhir tahun proyek multiyears harus selesai, kata legislator Kalteng

Baca juga: DPRD Kalteng menilai keberhasilan Pemkab Gianyar kelola samsat dan PDAM perlu dicontoh

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar