Jangan asal beli akar Bajakah, kata Legislator Palangka Raya

id dprd kota palangka raya,palangka raya,akar bajakah,penyembuh kanker,obat kanker, Shopie Arianti Sitorus

Jangan asal beli akar Bajakah, kata Legislator Palangka Raya

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Shopie Arianti Sitorus dari Partai Perindo (kanan) didampingi rekan sejawatnya Ruselita usai menghadiri rapat perdana di gedung DPRD setempat, Jumat (16/8/19). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo).

...alangkah baiknya ketika membeli akar Bajakah penyembuh penyakit kanker itu dibuktikan pernyataan dari Balai Pengawasa Obat dan Makanan (BPOM) di daerah setempat
Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Shopie Arianti Sitorus mengingatkan masyarakat untuk tidak asal membeli akar Bajakah, karena jenisnya sangat banyak dan ada yang berbahaya bagi kesehatan apabila di konsumsi.

"Kalau mau beli kayu bajakah harus selektif, karena akar Bajakah tersebut banyak jenisnya dan fungsinya beda-beda. Jadi, ya harus sangat hati-hati," kata Shopie di Palangka Raya, Jumat. 

Menurut dia, masyarakat harus menanyakan secara jelas dan terperinci kepada orang-orang yang mengetahui jenis-jenis akar Bajakah. Sebab, akar bajakah yang semakin marak dijual di Kota Palangka Raya, belum diketahui secara jelas apakah memang jenis penyembuh kanker.

Dia mengatakan akar Bajakah tersebut terdiri dari berbagai jenis, ada akar Bajakah yang getahnya berfungsi untuk membuat ikan pusing kalau ditaburkan ke dalam air, kemudian juga ada akar Bajakah yang fungsinya menyembuhkan selain penyakit kanker. 

Baca juga: Ketua DPRD Kota Palangka Raya sementara ini dijabat Sigit

"Diteliti terlebih dahulu kalau membeli akar Bajakah, karena manfaatnya tidak semua sama, kalau yang ditemukan oleh anak SMAN-2 Palangka Raya itu memang benar bisa menyembuhkan obat kanker," ucapnya. 

Wakil rakyat dari partai Perindo itu menambahkan, alangkah baiknya ketika membeli akar Bajakah penyembuh penyakit kanker itu dibuktikan pernyataan dari Balai Pengawasa Obat dan Makanan (BPOM) di daerah setempat. 

Hal itu dilakukan agar, masyarakat yang membeli akar Bajakah dengan para pedagang yang sudah menjamur di Palangka Raya mengetahui apakah bisa dikonsumsi atau tidak sebagai obat. 

"Kalau pihak BPOM sudah menyatakan akar kayu yang dijual sejumlah masyarakat tersebut tidak berbahaya, tentunya tidak akan membuat permasalahan dikemudian harinya. Hanya saja sebaliknya kalau terjadi apa-apa, tentunya siapa yang akan bertanggungjawab," demikian Shopie. 

Baca juga: Warga Palangka Raya didorong semarakkan HUT kemerdekaan RI

Baca juga: Pembakar lahan di Palangka Raya harus ditindak tegas