Melalui pameran buku, diharapkan menambah khasanah pustaka masyarakat

id pameran buku di muara teweh,wakil bupati barut sugianto,cangkir pustaka

Melalui pameran buku, diharapkan menambah khasanah pustaka masyarakat

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra (kanan) mengunjungi stand buku di lokasi pameran buku di Muara Teweh, Jumat (30/8/19). (ANTARA/HO-Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan setempat bekerjasama Cangkir Pustaka menggelar Pameran Buku Muara Teweh 2019 dalam rangka menyukseskan Gerakan Literasi Nasional dilaksanakan selama 16 hari sejak 30 Agustus sampai 15 September di Muara Teweh, Jumat.

Bupati Barito Utara Nadalsyah yang diwakili oleh Wakil Bupati Sugianto Panala Putra mengapresiasi kegiatan ini. Dalam sambutannya disampaikan bahwa perpustakaan adalah gudang buku yang merupakan gudang ilmu pengetahuan. Buku adalah senjata untuk melawan kebodohan di era globalisasi seperti sekarang ini. 

Kebodohan adalah wabah penyakit yang harus diberantas di negeri ini. Negeri yang kaya akan sumber daya alam tidak akan maju jika sumber daya manusianya berkualitas rendah. 

"Hanya dengan sumber daya manusia yang berkualitaslah, kita dapat membangun bangsa dan negeri ini menjadi lebih baik," katanya.

Buku merupakan aset dalam upaya penumbuhan minat baca di masyarakat. Tanpa adanya buku atau bahan bacaan yang dibaca, maka sudah tentu masyarakat akan mengalami kemunduran. Buku sebagai sumber ilmu dan pengetahuan bagi manusia, tentunya harus senantiasa dekat dengan masyarakat. 

"Jika masyarakat jauh dari buku maka ia akan menjadi manusia yang tidak berpengetahuan dan tertinggal, buku harus menjadi sahabat bagi seluruh kalangan yang tidak memandang status dan golongan. Semuanya harus dekat dengan buku," ucap Sugianto mengakhiri sambutan Bupati Barito Utara.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Barito Utara Edy Nugroho melaporkan bahwa gelaran Pameran Buku Muara Teweh tahun ini diharapkan dapat menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk menambah khasanah pustaka sekaligus ajang sosialisasi perpustakaan serta layanan yang ada didalamnya kepada masyarakat. 

Buku dan arsip yang dipamerkan kiranya dapat menjadi motivasi masyarakat untuk mengetahui lebih banyak ilmu pengetahuan dan dapat memenuhi kebutuhan bacaan yang berkualitas. 

"Marilah kita jadikan kegiatan ini untuk menyiapkan generasi muda yang handal dalam menggapai masa depan yang gemilang, karena melalui buku kita dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat di segala bidang," ujar Edy.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar