Penguatan Dekranasda guna maksimalkan industri kerajinan di Kalteng

id Dekranasda, tp pkk, yulistra ivo sugianto sabran, kerajinan lokal, industri kerajinan, ekonomi kreatif, kalteng, kalimantan tengah, palangka raya, cen

Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran saat melihat para perajin menganyam rotan di Muara Teweh, Barito Utara. (ANTARA/Ho-Diskominfosandi Barut)

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah Yulistra Ivo Sugianto Sabran menjelaskan, salah satu fokus utama pihaknya kedepan, yaitu melakukan penguatan struktur organisasi Dekranasda.

"Sebab belum semua Dekranasda di kabupaten dan kota memiliki struktur organisasi, sehingga hal itu menjadi salah satu prioritas kami," katanya di Palangka Raya, Senin.

Apabila struktur organisasi seluruh Dekranasda di Kalteng sudah terbentuk, maka kinerja mereka pun bisa dimaksimalkan guna mendorong peningkatan industri kerajinan yang merupakan bagian dari ekonomi kreatif.

Pengembangan industri kerajinan sangatlah penting dilakukan, mengingat pertumbuhannya sangatlah cepat dan berkembang hampir di seluruh wilayah Indonesia serta sangat bervariasi, mulai dari skala mikro, kecil hingga menengah.

"Industri kerajinan juga memiliki peran strategis dalam perekonomian nasional dan juga daerah, sebab memiliki latar belakang yang cukup melekat dengan keseharian kehidupan rakyat Indonesia," tuturnya.

Ivo menegaskan, untuk itulah pengembangan industri kerajinan harus dilakukan secara maksimal, terlebih bisa dijadikan sebagai mata pencaharian, utamanya dengan memanfaatkan sumber daya di Kalteng serta pengembangan kearifan lokal.

Untuk itu, usai dilakukannya pembentukan terhadap seluruh struktur organisasi Dekranasda kabupaten dan kota, maka harus terbangun sinergitas yang kuat serta solid dalam setiap program yang dimiliki, khususnya antara Dekranasda di tingkat provinsi dengan kabupaten dan kota.

"Hal lainnya yang harus dilakukan, yaitu memanfaatkan perkembangan informasi dan teknologi secara maksimal, untuk memasarkan produk-produk unggulan yang Kalteng miliki," jelasnya.

Untuk mewujudkan semua itu, Dekranasda Kalteng siap bekerja secara maksimal dan membantu pemerintah daerah memacu percepatan pertumbuhan perekonomian serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pihaknya optimis bisa merealisasikannya, terlebih saat ini telah tersedia sarana dan prasarana yang memadai, seperti Central Borneo Souvenir di Palangka Raya yang difungsikan sebagai tempat memasarkan produk-produk kerajinan berkualitas dan unggulan yang Kalteng miliki.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar