DPP PDIP belum terbitkan nama calon Ketua DPRD Kalteng dan Kotim

id PDIP Kalteng, Kalteng, Ketua DPRD Kalteng dari PDIP, Ketua PDIP Kalteng, Arthon S Dohong

DPP PDIP belum terbitkan nama calon Ketua DPRD Kalteng dan Kotim

Ketua DPD PDIP Kalteng Arthon S Dohong didampingi Sekretaris Sigit K Yunianto dan pengurus lainnya memaparkan perkembangan calon Ketua DPRD Kalteng dan Kotim di kediamannya, Jumat (6/9/2019). (ANTARA/Jaya W Manurung)

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kalimantan Tengah Arthon S Dohong menyatakan bahwa, Dewan Pimpinan Pusat sampai sekarang ini belum ada menerbitkan surat rekomendasi terkait nama yang akan menjabat Ketua DPRD provinsi setempat maupun Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Saya bingung, kenapa nama calon Ketua DPRD Kalteng dari PDIP sudah beredar di mana-mana. Padahal DPP PDIP belum mengeluarkan rekomendasi. Kami di DPD secara resmi pun belum tahu," kata Arthon di kediamannya di Jalan Menteng XX Kota Palangka Raya, Jumat.

Dia mensesalkan beredarnya nama Wiyatno sebagai calon Ketua DPRD Kalteng periode 2019-2024, bersumber dari kader PDIP sendiri. Alhasil, nama yang beredar itu seolah-olah benar dan sudah resmi. Padahal, sampai sekarang ini DPP masih melakukan pengkajian dan belum menerbitkan rekomendasi.

Arthon mengakui bahwa ada dua nama yang sampai saat ini dikaji oleh DPP PDIP, yakni Freddy Ering dan Wiyatno. Kedua anggota DPRD Kalteng itu memiliki peluang yang sama untuk direkomendasikan menjabat ketua, dan itu merupakan pernyataan dari pihak DPP sendiri.

"Pernyataan dari DPP, seorang kader yang ditugaskan menjabat Ketua DPRD berdasarkan, pernah menjadi anggota DPRD dan atau masuk dalam unsur KSB (Ketua, Sekretaris dan Bendahara) dua hal itu tidak terpisah," tegasnya.

Baca juga: Baru Nasdem serahkan nama calon pimpinan DPRD, kata Sekwan Kalteng

Pria yang pernah menjabat Bupati Gunung Mas itu pun mengajak semua kader PDIP di Kalteng, tetap tenang dan sabar menunggu keputusan DPP terkait siapa ditunjuk menjadi Ketua DPRD Kalteng periode 2019-2024. Sebab, DPP PDIP menyampaikan bahwa surat rekomendasi diupayakan sudah ada satu atau dua minggu kedepan.

Dia mengatakan hal yang sama juga masih dalam pengkajian untuk rekomendasi Ketua DPRD Kabupaten Kotim. Hal itu disebabkan kabupaten setempat pada tahun 2020 akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada), sehingga dibutuhkan komitmen kuat dan tinggi terhadap yang nantinya ditunjuk.

"Ada beberapa hal yang perlu dan harus dipertegas untuk calon Ketua DPRD Kabupaten Kotim. PDIP ingin tetap menjadi pemenang di Pilkada Kotim" tegas Arthon.

Dia pun memastikan bahwa tidak ada masalah yang krusial terhadap belum diterbitnya rekomendasi calon Ketua DPRD Kalteng dan Kabupaten Kotim. Alasan paling mendasar belum keluarnya nama tersebut karena perlu pengkajian dan pertimbangan lebih mendalam.

"DPP PDIP pun sekarang ini kan sangat sibuk. Mulai dari membahas masalah DPR RI sampai DPRD provinsi serta kabupaten/kota se-Indonesia. Jadi, ya mohon bersabar dan berikan waktu kepada DPP untuk bekerja dan menyelesaikannya," demikian Athon.

Baca juga: Fraksi di DPRD Kalteng ada tujuh, kata Ketua Sementara

Baca juga: Tak terpilih jadi Ibu Kota RI, Kalteng harus dapat kompensasi