Bupati Kapuas minta kepala desa satukan masyarakat

id Bupati Kapuas minta kepala desa satukan masyarakat,Pilkades,Bupati Kapuas,Ben Brahim S Bahat

Bupati Kapuas minta kepala desa satukan masyarakat

Bupati Kapuas Kalimantan Tengah Ben Brahim S Bahat saat melantik sebanyak sembilan kepala desa terpilih pada pemilihan kepala desa serentak tahun 2019 di halaman kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) setempat, Kamis (19/9/2019) pagi. ANTARA/ All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Bupati Kapuas Kalimantan Tengah Ben Brahim S Bahat meminta seluruh kepala desa, terlebih bagi kepala desa hasil pemilihan kepala desa serentak yang baru dilantik untuk menyatukan masyarakat agar bersama-sama menjaga kerukunan dan membangun desa.

"Tugas seorang kepala desa itu berat, yang paling berat adalah bagaimana menyatukan masyarakat dalam merasakan kebersamaan, apalagi memiliki masyarakat yang heterogen atau bermacam-macam. Ini tugas semua kepala desa," kata Ben Brahim di Kuala Kapuas, Kamis.

Ben Brahim melantik sembilan kepala desa hasil pemilihan kepala desa serentak 2019. Pelantikan dilaksanakan di halaman kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) setempat.

Sembilan kepala desa yang dilantik berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kapuas Nomor : 375/DPMD Tahun 2019 tentang Penetapan Pengesahan dan Pengangkatan Kepala Desa Terpilih Berdasarkan Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Kapuas Tahun 2019. Semilan desa itu tersebar di enam kecamatan, yaitu Kecamatan Basarang terdiri dari Kepala Desa Batuah Gejali Rachman dan Kepala Desa Naning Ugun.

Selanjutnya, Kecamatan Bataguh terdiri dari Kepala Desa Sei Lunuk Manto Sosilo dan Kepala Desa Tamban Luar Rachmadi. Kecamatan Pulau Petak terdiri dari Kepala Desa Sei Tatas Hari Sutopo dan Kepala Desa Sei Tatas Hilir Ependi.

Kecamatan Kapuas Murung terdiri dari Kepala Desa Palingkau Sejahtera Patah Rahman, Kecamatan Pasak Talawang terdiri dari Kepala Desa Hurung Kampin Ason dan Kecamatan Kapuas Hulu Kepala Desa Katanjung Bariono Mardiani Alung.

Menurun Ben Brahim, bangsa ini akan menjadi bangsa yang besar dengan syarat adanya persatuan dan kesatuan yang kokoh yang dilakukan mulai dari tingkat desa.

“Selamat kepada Kepala Desa yang baru dilantik menjadi Kepala Desa Definitif, semoga dapat menjalankan tugas dan amanah masyarakat dengan baik,” ucap Ben Brahim.

Ben Brahim juga meminta para istri kepala sesa selalu mendampingi, membimbing dan memberi semangat suami mereka dalam melaksanakan tugas. 

“Saya yakin dan percaya Tim Penggerak PKK Desa sudah luar biasa untuk membantu masyarakat," kata Ben Brahim.

Kepala desa yang dilantik diminta menggunakan kesempatan tersebut dalam melayani masyarakat. Jika seorang kepala desa dapat melaksanakan tugas dengan baik dan dapat menjalin hubungan yang baik kepada seluruh masyarakat desa maka akan berhasil melaksanakan tugas dan tidak menutup kemungkinan pasti periode berikutnya akan terpilih kembali.

Dalam hal membangun desa, Ben Brahim meminta agar dilaksanakan musyawarah. Kepala desa harus mendengar aspirasi dari masyarakatnya.

Terkait dengan musim kemarau dan maraknya terjadi kebakaran hutan dan lahan, dia meminta setiap desa mempertahankan Tim Posko Desa dan harus selalu siaga 24 jam dalam menjaga wilayah masing-masing.

"Harus berkoordinasi dan memberikan informasi, apabila terdapat titik api langsung diserang dan ditangani. Mari bersama-sama masyarakat untuk menjaga wilayah desa dari kebakaran hutan dan lahan," demikian Ben Brahim S Bahat.