Legislator Pulang Pisau ini dorong pengembangan wilayah perbatasan

id Legislator Pulang Pisau ini dorong pengembangan wilayah perbatasan,DPRD Pulang Pisau,Perbatasan

Legislator Pulang Pisau ini dorong pengembangan wilayah perbatasan

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Nova Selvia. ANTARA/ Adi Waskito

Pulang Pisau (ANTARA) - Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Nova Selvia mendorong pemerintah setempat untuk mengembangkan daerah perbatasan antara Desa Anjir Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir dan Mandomai Kecamatan Kapuas Barat.

“Pengembangan daerah perbatasan ini juga sebagai upaya dan wujud pemerintah daerah memperhatikan masyarakat di daerah perbatasan,” kata Nova di Pulang Pisau, Selasa.

Menurut legislator ini, pengembangan daerah perbatasan ini diantaranya dengan membuat pintu gerbang sebagai batas wilayah dengan dilengkapi fasilitas taman yang bisa dijadikan sebagai rest area. Ia menilai selama ini pengembangan infrastruktur di daerah pintu masuk antar dua kabupaten ini masih minim.

Selain sebagai penanda batas kedua kabupaten, pintu gerbang dan taman itu juga menjadi etalase menarik yang disuguhkan kepada siapa saja yang masuk ke wilayah Pulang Pisau sehingga memberi kesan positif terhadap kabupaten ini.

Nova juga mengungkapkan, pengembangan daerah perbatasan menjadi bagian rest area ini memiliki potensi yang strategis, juga dapat menciptakan peluang ekonomi bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Bukan saja daerah perbatasan Desa Anjir Pulang Pisau-Mandomai, tetapi perbatasan antar kabupaten lain bisa dikembangkan hal yang serupa.

Menurutnya, letak perbatasan Anjir Pulang Pisau-Mandomai sendiri masuk dalam lingkungan kota Pulang Pisau dan masyarakat pinggiran dua kabupaten ini telah lama memiliki hubungan emosional. 

 Selain itu, arus barang dan jasa juga mulai mengalami peningkatan dari pintu masuk alternatif ini karena sering dijadikan oleh masyarakat menjadi jalan pintas keluar masuk yang lebih cepat menuju Pulang Pisau-Kapuas ataupun sebaliknya.

Dari alasan tersebut, terang Nova, bisa menjadi pertimbangan bagi pemerintah setempat untuk mengembangkan daerah perbatasan Desa Anjir Pulang Pisau-Mandomai ini sebagai bagian dari penataan lingkungan perkotaan. 

Dirinya optimistis, apabila pengembangan infrastruktur di daerah perbatasan ini dikuti berbagai program lain, ke depan akan membawa dampak yang besar bagi perekonomian masyarakat setempat.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar