Nadalsyah dinobatkan sebagai tokoh ekonomi syariah Kalteng

id bupati nadalsyah,tokoh ekonomi syariah kalteng,iain palangka raya,bupati barito utara

Nadalsyah dinobatkan sebagai tokoh ekonomi syariah Kalteng

Bupati Barut H Nadalsyah menerima penghargaan sebagai tokoh ekonomi syariah Kalteng diserahkan yang mewakili Gubernur Kalteng Kepala Dinas Tamanan Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalteng Hj Sunarti di Palangka Raya, Selasa (22/10/2019) (ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barut)

Palangka Raya (ANTARA) - Bupati Barito Utara H Nadalsyah dinobatkan sebagai  tokoh ekonomi syariah Kalimantan Tengah oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) pada acara gebyar ekonomi syariah dalam bincang-bincang publik bersama para tokoh ekonomi syariah dengan tema Membumikan Nilai-Nilai Ekonomi Syariah di Era Industri 4.0. 

"Nadalsyah adalah satu-satunya tokoh ekonomi syariah Kalteng yang hadir (Menerima penghargaan) pada acara ini," kata Ketua Panitia Dr Sabian Utsman di Palangka Raya, Selasa.

Kegiatan yang dilaksanakan ini tidak berdiri tunggal, tetapi sebelumnya telah diadakan beberapa kegiatan seperti Festival Ekonomi Syariah dengan kegiatan Cerdas Cermat Ekonomi Syariah, dan Donasi untuk berbagi, Workshop Pasar Modal Syariah yang diikuti beberapa utusan dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan  Balikpapan, Kalimantan Timur  dan lainnya serta Training ESQ yang dihadiri 240 peserta yang digelar di kampung seberang. 

"Pemilihan tokoh sebenarnya dengan garis besar bahwa banyaknya masyarakat (umat Islam) yang terbantu dalam usaha yang telah dijalankan oleh para tokoh terpilih tersebut," kata Sabian.

Baca juga: Koyem berikan motivasi dihadapan mahasiswa IAIN Palangka Raya

Rektor IAIN Palangka Raya Dr H Khairil Anwar dalam sambutannya mengatakan bahwa gebyar ekonomi syariah yang diadakan bertepatan dengan Hari Santri, sehingga pemandangan khusus di Kampus IAIN Palangka Raya yakni para mahasiswa memakai sarung, berbaju koko dan berpeci hitam. Ekonomi Syariah saat ini berkembang dengan pesat, dimana ekonomi syariah tidak menimbulkan resesi. 

"Mari kita sama-sama memajukan ekonomi syariah, khususnya untuk mahasiswa IAIN," kata dia.

Ekonomi syariah dapat dikembangkan dengan menggali potensi-potensi yang ada pada umat muslim, seperti dari zakat dan waqaf. 

"Potensi zakat bila dihitung sekitar Rp1,6 miliar dan potensi waqaf sekitar Rp1,4 miliar setahun," ujar Rektor IAIN Palangka Raya.

Penghargaan kepada tokoh ekonomi syariah Kalteng itu  dengan kriteria penilaian ditentukan oleh tokoh dan anggota Masyarakat Ekonomi Syariah yang diketuai oleh H Fahrizal Fitri yang juga Sekda Provinsi Kalteng.

Tokoh lainnya yang dinobatkan sebagai tokoh ekonomi syariah Kalteng selain Bupati H Nadalsyah juga H Agustiar Sabran (Anggota DPR RI), dan  Hj Nurhidayah (Bupati Kotawaringin Barat).