Jadi Ketua DAD Gumas, Jaya S Monong siap laksanakan amanah

id Jaya S Monong,Bupati Gunung Mas,Ketua DAD Gumas, Jaya S Monong siap laksanakan amanah sebagai ketua dad gumas

Jadi Ketua DAD Gumas, Jaya S Monong siap laksanakan amanah

Ketua DAD Provinsi Kalteng Agustiar Sabran saat melantik kepengurusan DAD Kabupaten Gumas masa bakti 2019-2024, di GPU Damang Batu, Minggu (10/11/2019) sore. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) kabupaten itu, untuk masa bakti 2019-2024.

“Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya. Saya siap melaksanakan amanah yang diberikan,” ucapnya usai dilantik menjadi Ketua DAD Kabupaten Gumas di Kuala Kurun, Minggu sore.

Agar dapat melaksanakan tugas sebagai Ketua DAD Kabupaten Gumas, dia mengharapkan kerjasama dan koordinasi yang baik dengan seluruh pihak, baik itu pengurus di tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan, Mantir dan Damang, serta lainnya.

Baca juga: Bupati ingin DAD Gumas berperan menjaga kemajemukan

Tanpa kerjasama dan koordinasi yang baik dengan seluruh pihak, maka perencanaan yang baik juga akan berat tercapai. Namun jika kerjasama dapat terjalin dengan baik, dia yakin DAD Kabupaten Gumas dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

“Jika kita dapat bekerjasama, maka kita bisa berjuang bersama, apa yang menjadi fungsi DAD, dalam hal ini memperjuangkan hak-hak adat, secara khusus di Kabupaten Gumas dan secara umum di Provinsi Kalteng,” bebernya.

Dia menyebut, akan banyak agenda yang nantinya dilaksanakan oleh pengurus DAD Kabupaten Gumas masa bakti 2019-2024. Nantinya, diperlukan keaktifan seluruh pengurus DAD Kabupaten Gumas, agar agenda yang direncanakan dapat berjalan baik.

Ketua DAD Provinsi Kalteng Agustiar Sabran mengatakan, dengan telah terpilihnya Jaya sebagai Ketua DAD Kabupaten Gumas, maka diharapkan masyarakat Dayak di kabupaten itu dapat maju dan sejahtera.

Baca juga: Hindari salah paham raperda Darkarhutla, DPRD Kalteng undang DAD

“Orang Dayak secara khusus harus merdeka dari kemiskinan, merdeka dari pengangguran, merdeka dari keterisolasian, untuk menuju Kalteng Berkah dan Indonesia Maju,”  kata kakak kandung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran ini.

Dia berharap kepengurusan DAD Kabupaten Gumas yang baru bersama seluruh Damang se-Kabupaten Gumas dapat menjadi bagian organisasi Dayak yang berperan aktif dalam menyuarakan penghormatan terhadap kemajemukan dan perbedaan yang ada di masyarakat.

“Mari kita berjuang untuk melestarikan adat Dayak dan sekaligus menjadikan adat Dayak sebagai kearifan lokal yang dapat memperkaya kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI,” kata Agustiar.

Untuk diketahui, Jaya terpilih sebagai Ketua DAD Kabupaten Gumas masa bakti 2019-2024, saat pelaksanaan Musyawarah Daerah II DAD Kabupaten Gumas. Selanjutnya sebagai Sekretaris Umum adalah Donie dan Bendahara adalah Ruslan H Aspar.

Baca juga: Kaum milenial diajak mengenal lebih dekat DAD Kalteng

Baca juga: DAD Kalteng perjuangkan pemberdayaan dan kemandirian masyarakat Dayak