Penguatan SDM generasi muda memperkokoh ketahanan wilayah di Kalteng

id Korem, palangka raya, kalteng, kalimantan tengah, tni, ump, universitas muhammadiyah, kuliah umum, generasi muda, milenial, ketahanan negara, ketahana

Penguatan SDM generasi muda memperkokoh ketahanan wilayah di Kalteng

Komandan Korem 102 Panju Panjung Kolonel Arm Saiful Rizal saat memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Selasa, (26/11/2019). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Generasi muda menjadi salah satu perhatian utama dari Korem 102 Panju Panjung, untuk mewujudkan ketahanan wilayah yang benar-benar kuat di Provinsi Kalimantan Tengah.

"Jika sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki berkualitas, maka otomatis ketahanan wilayah pun akan semakin kokoh," tegas Komandan Korem 102 Panju Panjung Kolonel Arm Saiful Rizal di Palangka Raya, Selasa.

Utamanya generasi muda yang menjadi harapan bangsa dan negara, sebab merekalah yang akan melanjutkan tongkat estafet pembangunan di masa mendatang. Maka diperlukan persiapan secara maksimal, agar memiliki SDM unggul.

Salah satu upaya yang pihaknya lakukan untuk mewujudkannya, yakni dengan berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, melalui kuliah umum. Seperti yang digelar di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya dengan tema kesiapan generasi muda menghadapi Indonesia Maju.

"Pada kegiatan tersebut, saya ingin membuka dan membantu para mahasiswa mengembangkan wawasannya dan lebih terbuka terhadap dunia luar," katanya kepada ANTARA.

Sejumlah hal yang ia sampaikan, meliputi nasib budaya, perkembangan media sosial, serta sivitas yang melanjutkan studi hendaknya melakukan pendekatan dengan budaya luhur kearifan lokal.

Semua itu dijabarkan bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM, sebab pada kearifan lokal terdapat nilai kejujuran, maupun cara pandang yang sifatnya menyetarakan antara satu dan lainnya.

"Selain itu, juga akan ada pembelajaran bagaimana cara bersosialisasi dan bermusyawarah, serta mengikuti setiap aturan yang ada pada suatu lingkungan," ungkapnya di sela kegiatan kerjanya.

Saiful mendorong agar generasi muda di Kalteng, untuk memiliki pengalaman yang cukup, referensi literasi yang memadai hingga memiliki kemauan diri yang tinggi untik pengembangan diri secara optimal.

"Ini semua pada akhirnya demi mewujudkan ketahanan negara. Karena untuk bisa merealisasikannya kita harus mulai dari tingkatan paling dasar, yakni SDM yang unggul," jelasnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar