MUI Kapuas serukan jaga kerukunan

id MUI Kapuas serukan jaga kerukunan,Kapuas,Kambtinmas

MUI Kapuas serukan jaga kerukunan

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kapuas, LH Nurani Sarji, saat mengukuhkan kepengurusan MUI tingkat Kecamatan Dadahup, di Masjid Al Kautsar Desa Sumber Alaskm (28/11). ANTARA/ HO/ Dinas Kominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah menyerukan kepada masyarakat untuk terus menjaga kerukunan, terlebih bagi ulama yang diharapkan menjadi teladan bagi umat.

"Saya berpesan kepada kita semua harus selalu berbuat baik. Jaga kerukunan antar umat beragama agar aman, damai dan tenteram," kata Ketua MUI Kapuas KH Nurani Sarji di Kuala Kapuas, Kamis.

Harapan itu juga disampaikannya saat mengukuhkan pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Dadahup masa bakti 2019-2024. Pengukuhan dilaksanakan di Masjid Al Kautsar Desa Sumber Alaska Kecamatan Dadahup.

Nurani Sarji hadir didampingi  Sekretaris Umum H Junaidi beserta unsur pengurus MUI Kabupaten Kapuas Syarif Azhari, Dadang Ramdani, H Nabhan dan Ketua FKUB Kabupaten Kapuas H Masyumi Rivai.

"Saya ucapkan delamat kepada semua pengurus MUI Kecamatan Dadahup yang pada hari ini dilantik," ucap Nurani Sarji.

Nurani Sarji mengatakan, majunya suatu daerah atau kecamatan, desa maupun kelurahan karena adanya kerja sama antara ulama dan umara atau para pemuka agama serta pemerintahan.

"Rasulullah SAW pernah menyampaikan jika dua hal ini bersatu maka akan aman dan damai, baik suatu negara ataupun suatu daerah akan aman serta damai dan akan maju jika ulama dan umara bersatu," katanya.

Tidak hanya itu, Nurani Sarji yang juga Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Kapuas ini juga secara langsung menyampaikan tugas-tugas MUI diantaranya, selain menjalin kerja sama dengan pemerintahan juga menjaga kerukunan antar umat beragama di masyarakat.

Sementara itu, Ketua MUI Kecamatan Dadahup KH Abdul Kadir mengatakan, bahwa jika ulama dan pemerintah bekerjasama, Indonesia menjadi negeri yang makmur dan sejahtera serta segala sesuatunya menjadi berkah.

Di tempat yang sama, Camat Dadahup yang pada kesempatan itu diwakili oleh Bahri yang merupakan staf Kecamatan Dadahup, mengucapkan selamat kepada yang sudah dikukuhkan pada hari itu. Suatu kehormatan karena pengurus MUI Kecamatan Dadahup dilantik langsung oleh Ketua Umum MUI Kabupaten Kapuas.

"Harapan kami, Kecamatan Dadahup dapat lebih maju lagi terutama dalam bidang keagamaan tanpa membedakan agama atau suku manapun,"kata Bahri.

Sementara pihak Kepolisian setempat menyampaikan harapan agar selalu dapat bekerja sama, terutama dalam penyampaian informasi dari MUI Kecamatan Dadahup kepada pihak Kepolisian.

"Jika ada penyimpangan-penyimpangan dalam bidang keagamaan agar bisa dilakukan penegakan hukum lebih lanjut,"demikian Adi Warsito.