BPS siap bantu wartawan di Kalteng sederhanakan data statistik

id Kalimantan Tengah,Kalteng,BPS Kalteng,Kabag Tata Usaha BPS Kalteng,Maria W Utami

BPS siap bantu wartawan di Kalteng sederhanakan data statistik

Pimpinan dan staff BPS Kalteng foto bersama dengan pemateri serta peserta Worshop Wartawan di Palangka Raya, Rabu (4/12/2019). (ANTARA/HO-BPS Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Badan Pusat Statistik Kalimantan Tengah selalu siap berkontribusi dan membantu wartawan di provinsi setempat, dalam meningkatkan pemahaman sekaligus menyederhanakan data statistik agar lebih mudah dipahami masyarakat.

Kontribusi tersebut sangat diperlukan karena menyerhanakan data statistik menjadi berita yang langsung dipahami semua kalangan bukan perkara mudah, kata Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha BPS Kalteng Maria W Utami usai menutup Worshop Wartawan di Palangka Raya, Rabu.

"Kami di BPS pun selalu ditingkatkan pemahamannya terhadap data-data statistik. Jadi, kami pun sangat perlu melakukan hal yang sama kepada wartawan. Itulah kenapa kami rutin melaksanakan worshop kepada wartawan," beber dia.

Menurut penilaian BPS Kalteng, sejauh ini berita-berita terkait data statistik yang disajikan wartawan di berbagai media di provinsi setempat, sudah cukup baik dan mendorong berbagai kalangan untuk membacanya.

Meski begitu, kata Utami, media sekarang ini memiliki tantangan yang tidak mudah dalam menulis dan menyajikan berita terkait data statistik. Sebab, berbagai kalangan sekarang ini lebih cenderung tertarik membaca berita secara sekilas serta judulnya menarik.

"Kami menyadari membuat berita terkait data statistik agar lebih menarik dan merangsang orang membaca tidak mudah. Melalui worshop ini, kami mencoba sharing kepada para wartawan bagaimana agar berita-berita statistik semakin menarik dan mendorong orang membacanya,"  kata dia.

Baca juga: November 2019, daging ayam ras penyumbang tertinggi inflasi di Kalteng

Kabag di BPS Kalteng itu juga menyatakan bahwa keberadaan media sangat penting bagi pihaknya dalam menyebarluaskan berbagai data statistik, yang telah dikumpulkan dari lapangan dan disajikan secara objektif kepada seluruh lapisan masyarakat.

Dia mengatakan data-data yang dikumpulkan dan disajikan BPS sangat banyak, sehingga melalui worshop Wartawan ini disampaikan dan dapat diperoleh apabila membutuhkannya dalam memperkaya berita-berita yang akan dibuat.

"Pada dasarnya, kami selalu siap membantu wartawan dalam mendapatkan data statistik. Tentunya, yang memang BPS ada melakukan survey. Sepanjang ada data nya, kami pasti memberikan kepada wartawan," demikian Utami.

Baca juga: Frekuensi penerbangan dari dan menuju Kalteng alami penurunan

Baca juga: Angkutan udara dan bawang merah penyumbang tertinggi deflasi Kalteng