Lima puskesmas di Bartim segera dinilai Tim Akreditasi Kemenkes

id kalimantan tengah,kalteng,kabupaten barito timur,bartim,dinkes bartim,akreditasi puskesmas di bartim,kepala dinkes bartim,Simon Biring

Lima puskesmas di Bartim segera dinilai Tim Akreditasi Kemenkes

Kepala Dinas Kesehatan Barito Timur dr Simon Biring. (Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, membenarkan pada tahun 2020 lima pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di wilayah setempat akan mendapat penilaian dari tim komisi akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Penilaian tersebut dilakukan untuk melihat apakah layak naik tingkat akreditasi pada Puskesmas yang sebelumnya sudah terakreditasi, kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bartim Simon Biring di Tamiang Layang, Kamis.

"Kelima Puskesmas yang bakal dinilai itu yakni Tamiang Layang, Jaar, Ampah, Pasar Panas dan Dayu. Kelimanya tersebar di beberapa kecamatan," ucapnya.

Dikatakan, lima Puskesmas tersebut telah terakreditasi di tingkat dasar atau pratama. Penilaian FKTP untuk menilai kelaikan kenaikan tingkat Puskesmas dari pratama menjadi madya.

Tingkatan akreditasi untuk Puskesmas ada beberapa tingkatan, yakni strata dasar atau pratama, madya, utama dan paripurna. Pada Desember 2019, sudah ada penilaian terhadap tigas Puskesmas dengan tingkatan madya.

Tiga Puskesmas yang lulus akreditasi madya yakni Puskesmas Bambulung di Kecamatan Pematang Karau, Puskesmas Unsum di Kecamatan Raren Batuah dan Puskesmas Bentot di Kecamatan Patangkep Tutui.

Akreditas yang disandang akan terlihat pada peningkatan kualitas pelayanan puskesmas. Semakin tinggi akreditasi Puskesmas maka berpengaruh pada mutu dan kualitas pelayanan puskesmas yakni semakin meningkat.

"Untuk itu, akreditasi sangat diperlukan sehingga pelayanan prima bisa diberikan kepada masyarakat secara umum," kata mantan Direktur RSUD Tamiang Layang itu.

Baca juga: DPRD, pemkab dan kades di Bartim bahas pembentukan raperda produk hukum desa

Simon menjelaskan, pada tahun 2017 sudah ada lima puskesmas di Barito Timur yang sudah akreditasi, yakni Puskesmas Ampah di Kecamatan Dusun Tengah, Puskesmas Tamiang Layang dan Edison Jaar di Kecamatan Dusun Timur, Puskesmas Dayu di Kecamatan Karusen Janang, serta Puskesmas Pasar Panas di Kecamatan Benua Lima. 

Sedangkan di tahun 2018, ada tiga Puskemas yang sudah akreditasi, yakni Puskesmas Bambulung di Kecamatan Pematang Karau, Puskesmas Tampa di Kecamatan Paku dan Puskesmas Hayaping di Kecamatan Awang. 

Tahun 2019 ada tiga Puskesmas yang lulus akreditasi madya yakni Puskesmas Bambulung di Kecamatan Pematang Karau, Puskesmas Unsum di Kecamatan Raren Batuah dan Puskesmas Bentot di Kecamatan Patangkep Tutui.

"Semua Puskesmas di Bartim sudah terakreditasi dan bisa melayani pasien pemegang kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang dijamin Pemerintah Kabupaten maupun mandiri," demikian Simon.

Baca juga: Rimau Group komitmen melaksanakan CSR membantu masyarakat Barito Timur

Baca juga: Kurangi pengangguran, Disnakertrans Bartim adakan pelatihan mengemudi

Baca juga: Deviden dari Bank Kalteng menjadi penopang pembangunan Barito Timur

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar