Tim gabungan di Kapuas temukan produk kedaluwarsa

id Tim gabungan di Kapuas temukan produk kedaluwarsa,Natal,Sidak,Inspeksi mendadak,Kapuas

Tim gabungan di Kapuas temukan produk kedaluwarsa

Salah satu petugas Tim Gabungan memeriksa sebuah produk saat sidak di salah satu toko di Kota Kuala Kapuas, Rabu (18/12/2019). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Tim gabungan di Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke sejumlah toko, minimarket maupun agen untuk memeriksa produk makanan dan minuman yang dijual kepada masyarakat.

“Dari beberapa kegiatan tersebut, ada tujuh titik pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh tim gabungan, dan dalam pelaksanaannya ada beberapa barang yang terbungkus dalam kemasan ditemukan kedaluwarsa atau expired,” kata Pelaksana Tugas Kepala Disdagperinkop UMK Kabupaten Kapuas Batu Panahan, usai kegiatan di Kuala Kapuas, Rabu.

Tim gabungan terdiri dari Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Pangan, Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar, serta Kepolisian Resor Kapuas.

Dalam sidak itu ditemukan sejumlah produk makanan dan minuman dalam kemasan sudah kedaluwarsa yang masih dijual di sejumlah toko maupun agen yang ada di daerah setempat.

Menyikapi temuan itu, pihaknya memberikan teguran kepada penjual atau pemilik toko maupun agen supaya tidak menjual makanan maupun minuman yang kedaluwarsa tersebut kepada pembeli.

“Dari beberapa temuan tersebut, kami juga memberikan teguran kepada pedagang. Hanya teguran-teguran lisan saja. Kalau nanti mereka tetap melaksanakan atau menjual barang-barang tersebut, kami akan memberikan teguran berat kepada mereka,” ucapnya.

Batu Panahan menjelaskan, sidak yang dilakukan oleh pihaknya ini dalam rangka optimalisasi pengawasan menjelang perayaan Natal pada 25 Desember 2019 dan menyambut Tahun Baru 2020. Pengawasan terhadap barang beredar dan bahan berbahaya di daerah setempat ditingkatkan karena biasanya tingkat konsumsi meningkat.

Ada tujuh titik yang didatangi untuk pemeriksaan sampel produk, diantaranya mendatangi agen yang berada di kawasan Jalan Ahmad Yani, toko sembako di Jalan Mawar dan Jalan Teratai,  Alfa Mart Jalan Barito, Indomaret Jalan Tjilik Riwut, Citimall Jalan Pemuda dan agen sembako di jalan Jepang Kota Kuala Kapuas.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada Rabu (18/12) dan Kamis (19/12). Sesuai jadwal yang ada, pemeriksaan pada Kamis (19/12) akan diikuti oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kalimantan Tengah, yang akan turun langsung ke lapangan untuk melakukan sidak.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar cerdas memilih barang-barang yang akan dibeli maupun untuk dikonsumsi untuk menyambut perayaan Natal maupun juga Tahun Baru,” demikian Batu Panahan.