LKBN ANTARA kembali raih penghargaan Adam Malik Award 2020 dari Kemlu RI

id LKBN ANTARA kembali raih penghargaan Adam Malik Award 2020 dari Kemlu RI,Adam Malik Award 2020,LKBN ANTARA

LKBN ANTARA kembali raih penghargaan Adam Malik Award 2020 dari Kemlu RI

LKBN ANTARA menerima anugerah Adam Malik Award 2020 dari Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Rabu (8/1/2020). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Jakarta (ANTARA) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA di Jakarta, Rabu, kembali menerima penghargaan Adam Malik Award 2020 dari Kementerian Luar Negeri RI untuk kategori media online terbaik setelah menerima anugerah yang sama pada tahun lalu.

Penghargaan itu diberikan dalam rangkaian penyampaian Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) 2020 di Ruang Nusantara, Gedung Utama, Kemlu RI.

Untuk kategori media online terbaik, LKBN ANTARA berhasil menyisihkan dua media lain yang turut dinominasikan, di antaranya Detik.com dan Tempo Interaktif.

Baca juga: LKBN ANTARA raih penghargaan media menginspirasi Ramah Anak

Baca juga: LKBN ANTARA meraih penghargaan dari UI


Ketua Dewan Juri yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh mengatakan penghargaan Adam Malik Award merupakan bukti Kemlu RI melakukan rintisan budaya yang disebut "apresiatif konstruktif".

"Apresiatif maksudnya kebiasaan mengapresiasi ke siapapun yang berkontribusi positif. Penghargaan Adam Malik Award juga merupakan apresiasi Kemlu RI ke kalangan media dan jurnalis nasional yang berjasa memberi informasi mengenai diplomasi Indonesia ke masyarakat luas," terang Nuh.

Di samping media online terbaik, anugerah Adam Malik Award pada tahun ini juga diberikan ke Harian Republika untuk kategori media cetak terbaik; Kompas TV untuk media televisi terbaik; dan RRI Pro 3 untuk media radio terbaik.

Sementara itu, jurnalis yang menerima anugerah Adam Malik Award di antaranya Dian Septiani dari Jakarta Post untuk jurnalis media cetak terbaik dan Rina dari Tribun untuk jurnalis media online terbaik.

Baca juga: Dua wartawan LKBN Antara raih Anugerah Jurnalistik Polri

Baca juga: LKBN ANTARA raih media online terbaik Anugerah Konstitusi 2019

Baca juga: Praktisi: Tak ada satu pun media sekuat LKBN ANTARA