Wali Kota resmikan layanan kesehatan berbasis daring

id fairid naparin,andjar hari purnomo,puskesmas pahandut,BLUD,pendaftaran online,palangka raya

Wali Kota resmikan layanan kesehatan berbasis daring

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin (tiga kanan) saat peresmian BLUD Puskesmas Pahandut dan pendaftaran daring di Puskesmas Pahandut, Kota Palangka Raya, Rabu (8/1/2020) (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Fairid Naparin meresmikan layanan kesehatan di tingkat pusat layanan kesehatan masyarakat (Puskesmas) berbasis daring.

"Inovasi layanan ini berbentuk pendaftaran peserta di Puskesmas Pahandut yang dapat dilakukan secara 'on line'," kata Fairid di Palangka Raya, Rabu.

Namun pendaftaran pasien secara daring itu dikhususkan bagi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan yang fasilitas kesehatan tingkat pertamanya di Puskesmas setempat.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya optimalkan pembenahan drainase

"Untuk itu, pendaftaran pasien secara 'on line' ini harus dilakukan menggunakan aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh menggunakan telepon genggam berbasis operasi android dan apple," katanya.

Layanan ini, menurut Fairid juga sebagai salah satu tanggapan terhadap keluhan lamanya antrean saat pelayanan Puskesmas. Selain itu juga sebagai bentuk jawaban pemerintah kota dalam menerapkan pelayanan berbasis di teknologi di era 4.0.

Selain peluncuran program pendaftaran pasien di Puskesmas secara daring, Fairid juga meresmikan Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Puskesmas Pahandut.

"Ini adalah langkah awal dan acuan bagi semua Puskesmas di Kota Palangka Raya agar nantinya diharapkan semua Puskesmas dapat menerapkan BLUD sebagai upaya peningkatan layanan kepada masyarakat," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo, peluncuran PPK BLUD dan pendaftaran secara daring tersebut merupakan salah satu strategi peningkatan layanan masyarakat di bidang kesehatan.

"Ini juga menjadi proyek percontohan. Saat ini kita maksimalkan dulu yang ada di Puskesmas Pahandut. Sembari di sempurnakan, nantinya kita akan dorong seluruh Puskesmas juga melaksanakan program ini," kata Andjar didampingi kepala Unit Pengelola Teknis Puskesmas Pahandut, Ridwan.

Baca juga: Wali Kota Palangka Raya ajak warga jaga drainase untuk cegah banjir

Baca juga: Wali Kota temukan sejumlah ASN Palangka Raya 'bolos' kerja

Baca juga: Wali Kota Palangka Raya lantik 700 lebih pejabat jelang akhir tahun


 

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar