Polres Kotim tanam 1.000 mangrove selamatkan Pantai Ujung Pandaran

id Polres Kotim tanam 1.000 mangrove selamatkan Pantai Ujung Pandaran,Mohammad Rommel,Pariwisata,Pantai,Polres Kotim,Kotim,Kotawaringin Timur,Sampit

Polres Kotim tanam 1.000 mangrove selamatkan Pantai Ujung Pandaran

Kapolres AKBP Mohammad Rommel bersama pejabat lainnya dan Bhayangkari Kotim saat menanam pohon mangrove di Pantai Ujung Pandaran, Rabu (8/1/2020). ANTARA/HO-Polres Kotim

Sampit (ANTARA) - Kapolres Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah AKBP Mohammad Rommel bersama jajarannya dan Bhayangkari rela berkubang lumpur menanam bibit pohon mangrove di Pantai Ujung Pandaran di Kecamatan Teluk Sampit untuk menyelamatkan objek wisata andalan tersebut.

"Ini bagian dari program Polri Peduli Penghijauan. Hari ini ada 1.000 pohon mangrove yang kami tanam. Sebelumnya, penanaman juga kami lakukan di sejumlah Polsek," kata Rommel di Pantai Ujung Pandaran, Rabu.

Penanaman mangrove dilakukan bersama oleh jajaran Polres dan Bhayangkari Kotawaringin Timur, aparatur Kecamatan Teluk Sampit dan Desa Ujung Pandaran, serta masyarakat setempat.

Pantai Ujung Pandaran dipilih menjadi lokasi penghijauan ini karena pantai ini sangat rawan rusak. Pohon mangrove yang ditanam tersebut nantinya diharapkan akan melindungi pantai tersebut dari kuatnya gelombang yang memicu abrasi.

Pohon mangrove yang ditanam juga diharapkan dapat mengembalikan ekosistem di pantai tersebut sehingga akan menjaga kelestarian lingkungan pantai yang berjarak sekitar 85 kilometer dari Sampit Ibu Kota Kabupaten Kotawaringin Timur tersebut.

Penanaman pohon mangrove juga untuk menambah keindahan Pantai Ujung Pandaran yang selama ini menjadi objek wisata andalan daerah ini. Kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah daerah yang saat ini gencar membenahi objek pariwisata dan mempromosikan pariwisata daerah.


Baca juga: Bupati Kotim ajak masyarakat proaktif mengisi data Sensus Penduduk Online

Saat kegiatan, Rommel dan peserta lainnya tidak segan berkubang lumpur. Cuaca cukup terik juga tidak menghalangi semangat mereka untuk menanam satu per satu pohon mangrove tersebut.

"Mudah-mudahan mangrove ini cepat tumbuh sehingga bisa membantu mencegah abrasi. Selain itu, mangrove akan membuat pantai ini semakin indah dan hijau," harap Rommel.

Camat Teluk Sampit Juliansyah sangat berterima kasih atas kepedulian Polres Kotawaringin Timur untuk membantu penghijauan di pantai tersebut. Dia berharap hutan mangrove akan kembali membuat ekosistem kawasan pantai tersebut menjadi lebih baik.

 "Pohon mangrove ini akan bermanfaat mencegah abrasi. Kami akan mengajak masyarakat untuk turut merawat pohon-pohon ini hingga besar," demikian Juliansyah.

Baca juga: Pembunuh ibu kandung positif gunakan narkoba

Baca juga: Pemkab Kotim usulkan penambahan blangko KTP elektronik