Wujudkan Pulpis berbuah, polisi tanam 1.500 bibit berbagai jenis buah

id Wujudkan Pulpis berbuah, polisi tanam 1.500 bibit berbagai jenis buah,Polres Pulpis,Pulang Pisau

Wujudkan Pulpis berbuah, polisi tanam 1.500 bibit berbagai jenis buah

Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Fokopimda) menunjukan bibit tanaman buah yang ditanam serentak di lingkungan Kota Pulang Pisau. (ANTARA/Adi Waskito).

Pulang Pisau (ANTARA) - Kapolres Pulang Pisau, Kalimantan Tengah AKBP Siswo Yuwono Bima Putra Mada beserta jajaran pemerintah kabupaten setempat, menanam sebanyak 1.500 bibit berbagai jenis buah di sejumlah kecamatan yang ada di daerah itu.

"Ada 1.500 bibit dari berbagai jenis buah yang kita tanam, dimana penanaman tersebut akan dilaksanakan per tiga bulan berturut-turut secara bergantian di setiap kecamatan. Penanaman dimulai dari Kecamtan Kahayan Hilir," Siswo Yuwono di Pulang Pisau, Jumat.

Siswo Yuwono mengatakan, penyebaran bibit buah ini dalam rangka mewujudkan 'Pulang Pisau Berbuah' sekaligus penghijauan dalam ikut mendukung penanaman pohon sedunia.  

Baca juga: Ini identitas pelaku penusukan pendeta di Pulang Pisau

Selain itu, sebanyak 1.500 bibit tanaman buah yang dibagikan kepada masyarakat melalui masing-masing Bhabinkamtibmas meliputi bibit matoa, cimpedak, rambutan, durian, petai dan lainnya. Bibit yang paling banyak adalah matoa dikarenakan tanaman buah asal Papua ini keberadaannya masih langka.

Penanaman bibit tanaman buah ini  dilakukan secara serentak pada Pukul 09.00 oleh masyarakat yang telah menerima bibit untuk ditanam. Polres Pulang Pisau juga menciptakan hastag #pulangpisau berbuah, dimana masyarakat yang mendokumentasikan penanaman bisa capture dan diposting ke aplikasi instagram dengan hastag tersebut.

Tujuan utama dari penanaman bibit tanaman buah ini, terang Siswo, diharapkan dalam beberapa tahun ke depan, bibit yang sudah ditanam menjadi pohon yang memberikan buah kepada pemiliknya. 

Baca juga: Polres Pulpis berhasil bongkar jaringan narkoba dengan 10 pengedar

Hasilnya ada icon untuk Kota Pulang Pisau, dimana halaman rumah penduduk memiliki tanaman buah.

Pihaknya berharap, bibit tanaman buah yang diberikan itu bisa dirawat dan dijaga dengan baik. Untuk penanaman bibit buah pada kecamatan berikutnya, dilakukan dengan bibit yang berbeda.

Penanaman bibit tersebut sebelumnya diawali dengan senam bersama dengan unsur pemerintah setempat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Fokopimda). 

Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo memeberikan apresiasi terhadap gagasan Polres Pulang Pisau tersebut. Edy Pratowo mengatakan penanaman bibit tanaman buah ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi kabupaten setempat dalam beberapa tahun ke depan. 

Baca juga: Sebelum tangan karyawan PT Naga Bhuana putus, ada karyawan lain sempat kesurupan

Baca juga: Dinas Sosial Pulang Pisau serahkan bantuan korban kebakaran

Baca juga: Bupati Pulpis: Besaran TPP ASN masih dalam perumusan untuk dijadikan Perda

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar