Teknologi 3D bisa percepat desain ibu kota baru

id Dassault Systemes,Teknologi 3D,Teknologi 3D bisa percepat desain ibu kota baru

Teknologi 3D bisa percepat desain ibu kota baru

Wakil Direktur Dassault Systemes Asia Pasifik Selatan, Brian Sung (kanan) dan Wakil Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis SOLIDWORKS, Dassault Systemes, Suchit Jain dalam sebuah sesi wawancara di acara 3DEXPERIENCE World di Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Selasa (11/2/2020). (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Nashville, Tennessee (ANTARA) - Dassault Systemes, perusahaan teknologi dari Prancis, berpendapat bahwa desain tiga dimensi bisa membantu dalam merancang smartcity, termasuk rencana ibu kota baru di Indonesia.

"Teknologi tersebut bisa membantu para pengusaha maupun pemerintahan untuk menghemat waktu," kata Wakil Direktur Dassault Systemes Asia Pasifik Selatan, Brian Sung, dalam sesi wawancara di 3DEXPERIENCE World di Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Selasa (11/2) waktu setempat.

Platform desain seperti yang dimiliki Dassault Systemes, 3DEXPERIENCE dapat digunakan untuk merancang kota pintar secara virtual, termasuk untuk merancang bangunan, jalan dan infrastruktur lainnya.

Baca juga: Jokowi: Pemerintah tak berutang bangun ibu kota baru

Rancangan virtual smartcity tersebut dapat digunakan untuk membuat skenario mengenai perkotaan, misalnya di mana menempatkan area perumahan, perkantoran hingga sekolah.

Simulasi untuk smartcity pun dapat dilakukan sepenuhnya secara virtual di platform digital sebelum benar-benar membuat smartcity.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis SOLIDWORKS, Dassault Systemes, Suchit Jain, ditemui di acara yang sama, menyatakan perencanaan smartcity melalui platform digital dapat membantu perencanaan yang lebih baik karena dapat bereksperimen dengan berbagai skenario mengenai tata kota.

"Bisa menyambungkan smartcity ke Internet of Things, bereksperimen dengan data dan membuat skenario perencanaan," kata Jain.

"Platform tersebut untuk menghubungkan orang, data dan aplikasi," kata Jain menambahkan.

Berkaitan dengan rencana ibu kota baru Indonesia di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur, Dassault Systemes menyatakan sudah pernah bertemu dengan perwakilan lembaga pemerintahan untuk menginformasikan apa saja yang pernah mereka kerjakan yang berkaitan dengan smartcity.

Dassault Systemes pernah bekerja sama dengan pemerintah Singapura untuk smartcity.

Baca juga: Presiden jamin ibu kota baru tidak akan kena banjir dan macet

Baca juga: Tranportasi ibu kota baru serba elektrik dan otomatis, kata Presiden Jokowi

Baca juga: Sebelum ibu kota baru dipindahkan, 5G ditargetkan selesai