Perum Bulog rencana bangun penggilingan padi modern di Pulpis

id Bupati Pulpis Edy Pratowo,Perum Bulog,Pulpis,penggilingan padi modern,Perum Bulog rencana bangun penggilingan padi modern di Pulpis

Perum Bulog rencana bangun penggilingan padi modern di Pulpis

Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo (ketiga kiri) berdialog dengan Direktur Pengadaan Perum Bulog Mayjen (purn) TNI Wibisono Poespitohadi (kanan) terkait dengan pengembangan potensi pertanian di Kabupaten Pulang Pisau. (Foto ANTARA/HO-Bagian Protokol Setda Kabupaten Pulang Pisau)

Pulang Pisau (ANTARA) - Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengatakan, Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) akan berencana membangun penggilingan padi modern di daerah itu, dengan menyediakan tanah hibah di daerah itu.
 
"Kita akan berupaya sesuai prosedur dan mekanisme dalam menyediakan tanah hibah seluas 2 hektare, untuk mendukung pembangunan penggilingan padi modern yang dapat menampung hasil panen raya gabah petani. Sehingga dapat langsung diproses dan diserap nantinya oleh Bulog," kata Edy Pratowo saat berkunjung ke Kantor Perum Bulog, Rabu di Jakarta.

Dalam kunujungan Bupati Pulang Pisau (Pulpis) yang diterima langsung oleh Direktur Pengadaan Mayjen (purn) TNI Wibisono Poespitohadi itu, Edy mengungkapkan bahwa untuk perencanaan pembangunan penggilingan padi modern itu, pemkab setempat diminta menyediakan hibah tanah.

Tujuan utama dari kunjungan kerja ke Perum Bulog Jakarta tersebut, dalam rangka rencana pengembangan potensi pertanian di Kabupaten Pulang Pisau.

Edy Pratowo menambahkan, mengapa kabupaten setempat dipilih untuk pembangunan penggilingan padi modern, karena Pulpis memiliki potensi lahan yang cukup luas untuk dikembangkan.

Baca juga: Jalin kerja sama dengan IMQ, Pulpis optimalkan penyebarluasan informasi publik melalui ANTARA
Foto Bersama - Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo beserta jajaran dengan pihak Direktur Pengadaan Perum Bulog Mayjen (purn) TNI Wibisono Poespitohadi di Jakarta, Rabu (19/2/2020). (Foto ANTARA/HO-Bagian Protokol Setda Kabupaten Pulang Pisau)

Dalam pertemuan itu, poin-poin yang dipaparkan adalah sebagai langkah awal kerjasama yang dibangun Perum Bulog dengan pemerintah kabupaten dalam rangka peningkatan produksi beras Nasional.

Terkait dengan penyediaan tanah hibah tersebut, Edy Pratowo mengungkapkan bahwa pemerintah setempat bersedia dan menyanggupi dan mempersiapkan lahan yang diperlukan.

Ia juga berharap apa yang menjadi kesepakatan dalam pertemuan bisa ditindaklanjuti serta berjalan sesuai dengan harapan dan terlaksana dengan baik.

Baca juga: Bupati Pulpis kembali ingatkan masyarakat untuk tidak berjualan di jalur hijau

Edy Pratowo juga meminta dengan kepala dinas terkait untuk terus melakukan komunikasi dengan Perum Bulog. Menurutnya langkah-langkah setelah pertemuan ini harus dapat ditindaklanjuti, sehingga ada progress yang hasilnya tercapai.

Ketua DPRD Ahmad Rifa'i yang ikut serta dalam pertemuan tersebut mengaku, menyambut baik upaya yang dilakukan pemerintah setempat. "Mudah-mudahan kerjasama ini membuahkan hasil yang bukan semata untuk meningkatkan beras Nasional, tetapi diharapkan hasilnya juga bisa dirasakan oleh para petani setempat," katanya.

Ahmad Rifa'i berharap, hasil gabah dari para petani ini ke depan bisa langsung diserap oleh Bulog sehingga petani tidak perlu merasa khawatir lagi.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut adalah Ketua DPRD  Ahmad Rifa'i, Wakil Ketua I Fadli Rahman, Pimpinan Wilayah Bulog Kalimantan Tengah Mika Ramba dan sejumlah kepala dinas terkait.

Baca juga: Bupati Edy Pratowo tandatangani perjanjian kerjasama antar daerah