Aksi penipu asal WNA di toko swalayan terekam CCTV

id Aksi penipu asal WNA ,Kabupaten Temanggung,CCTV,Aksi penipu asal WNA di toko swalayan terekam CCTV

Aksi penipu asal WNA di toko swalayan terekam CCTV

Gambar video yang terekam CCTV pada kasus penipuan di salah satu toko swalayan di Temanggung. (ANTARA/Heru Suyitno)

Temanggung (ANTARA) - Aksi penipuan yang diduga dilakukan warga negara asing di sebuah toko swalayan Ida Grosir di jalan Bulu-Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, terekam oleh kamera CCTV.

Karyawan toko swalayan Ida Grosir, Eko Tiarumansyah di Temanggung, Jumat, mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (19/2) sekitar pukul 18.00 WIB.

"Saat itu suasana toko sedang sepi, datang dua orang berperawakan tegap satu mengenakan topi dan satu mengenakan peci dengan menggunakan bahasa Arab membeli beberapa barang," ungkapnya.

Baca juga: Rekaman CCTV bantu polisi tangkap pembobol kotak wakaf masjid di Pulpis

Setelah membayar barang yang dibeli di meja kasir, pelaku membujuk agar karyawan mengeluarkan semua uang di meja kasir dengan dalih mencari uang kertas pecahan Rp100.000 dengan nomor seri spesial seperti yang dimiliki para pelaku.

"Waktu itu kami bertiga yang sedang bertugas menjaga toko ikut mencari nomor seri uang yang dimaksud, tetapi tidak ada," ucapnya.

Saat mencocokan nomor seri uang tersebut, diduga para pelaku berhasil mengambil uang Rp1,2 juta yang tidak diketahui oleh para karyawan dan pelaku kabur menggunakan mobil yang diparkir tidak jauh dari toko.

"Kami mengetahui uang di kasir tersebut berkurang setelah pelaku pergi dan kami berupaya mengejarnya, namun tidak berhasil," katanya.

Kasus penipuan yang viral di Kabupaten Temanggung tersebut kini tengah diselidiki pihak kepolisian.

Baca juga: Cegah aksi pencurian, pemilik lahan parkir diminta perbanyak pasang kamera pengintai

Baca juga: Diskominfostandi Pulpis integrasikan 16 titik jaringan CCTV