Germas diyakini bisa menghindarkan masyarakat dari Covid-19

id Germas diyakini bisa menghindarkan masyarakat dari Covid-19,Kapuas,Ben Brahim S Bahat,Covid-19

Germas diyakini bisa menghindarkan masyarakat dari Covid-19

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Anggota DPR RI Ary Egahni Ben Bahat, Ketua GOW Kabupaten Kapuas Hj Asmah Nafiah Ibnor berfoto bersama saat sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Aula Kantor Kecamatan Basarang, Jumat (6/3/2020). ANTARA/ HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Ben Brahim S Bahat mengatakan, bahwa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas sangat penting bagi masyarakat untuk mencegah penyakit menular, termasuk virus Corona baru jenis Covid-19 yang saat ini merebak.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kapuas untuk mendukung serta membantu menyukseskan Germas di Kabupaten Kapuas agar masyarakat Kapuas selalu sehat dan sejahtera,” ajak Ben Brahim saat menghadiri sosialisasi Germas di Kecamatan Basarang, Jumat.

Dikatakan oleh orang nomor satu di Kabupaten Kapuas ini, untuk menuju hidup yang sehat, banyak faktor yang memengaruhi, salah satunya sanitasi yang baik dan juga kualitas air bersih.

Sanitasi yang baik sangat diperlukan dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, begitu juga dengan kualitas air yang bersih. Oleh karena itu tugas semua pihak untuk menjaganya demi Kabupaten Kapuas yang sejahtera.

Terkait wabah virus Covid-19, Ben Brahim mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas untuk selalu menjaga kesehatan serta kebersihan lingkungan sekitar. Masyarakat juga diminta berdoa bersama-sama agar wabah virus tersebut tidak sampai ke Kapuas.

“Saya mengajak masyarakat bersama-sama selalu menjaga kebersamaan di Kabupaten Kapuas dengan selalu menjalin silaturahim antar sesama,” tandasnya.

Sementara dalam kegiatan sosialisasi Germas di Kecamatan Basarang saat itu, turut hadir Anggota Komisi III DPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Tengah, Ary Egahni Ben Bahat, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kapuas Hj Asmah Nafiah Ibnor, segenap Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas, Camat Basarang Slamet Riyadi beserta jajarannya, Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas, PKK Kecamatan Basarang dan sejumlah Kepala Desa setempat.

Ary Egahni Ben Bahat menjelaskan, tujuan sosialisasi Germas yaitu agar masyarakat berperilaku sehat dalam kehidupannya sehari-hari, sehingga memberikan dampak kepada terjaganya kesehatan, meningkatnya produktivitas dalam berbagai hal, lingkungan yang selalu bersih dan juga mengurangi biaya dalam berobat.

“Melalui Germas ini diharapkan akan semakin meningkatkan kualitas manusia baik dalam hal peningkatan angka harapan hidup, pencegahan dan penurunan stunting maupun penurunan penyakit menular dan tidak menular,” kata Ary Egahni.

Germas juga dapat mencegah diri sendiri maupun keluarga dari berbagai macam penyakit, yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi seimbang, rajin berolahraga dan istirahat cukup, selalu menjaga kebersihan lingkungan, minum air mineral yang cukup dan juga beberapa hal sehat lainnya.

“Selalu jaga kesehatan dengan rajin mencuci tangan dan juga jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan agar diberikan kesehatan. Mari kita bersama-sama selalu menjaga kesehatan diri kita dan orang yang kita sayangi serta selalu semangat dalam menjalani kehidupan kita sehari-hari,” demikian Ary Egahni Ben Bahat.