Legislator Gumas nilai kualitas guru sudah baik

id Legislator Gumas nilai kualitas guru sudah baik,Gunung Mas,Guru ,Kedokteran

Legislator Gumas nilai kualitas guru sudah baik

Legislator Gumas Iceu Purnamasari (kiri) bersama Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing saat menghadiri kegiatan di daerah itu, baru-baru ini. ANTARA/HO – Iceu Purnamasari

Kuala Kurun   (ANTARA) - Legislator Gunung Mas Kalimantan Tengah Iceu Purnamasari mengaku percaya dengan peningkatan kualitas guru di kabupaten itu, salah satunya dapat dilihat dari banyaknya siswa yang diterima di Perguruan Tinggi favorit.

“Sudah banyak lulusan Sekolah Menengah Atas dari Kabupaten Gumas yang diterima di PTN favorit. Artinya siswa Kabupaten Gumas bisa bersaing dengan siswa dari daerah lain,” ucap Iceu saat dihubungi dari Kuala Kurun, Sabtu.

Politisi Partai Golongan Karya ini menyebut, keberhasilan siswa Kabupaten Gumas diterima di PTN favorit tak lepas dari peran para guru, mulai tingkat Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas.

Artinya, lanjut legislator yang berasal daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini, kualitas guru di Kabupaten Gumas dapat dibilang sudah baik.

Walau demikian, saat ini masih ada beberapa kendala yang menyebabkan kualitas pendidikan di Kabupaten Gumas belum merata, diantaranya jumlah guru yang belum ideal serta sarana dan prasarana sekolah yang belum memadai.

“Kita sudah memiliki guru yang berkualitas, tentu perlu didukung dengan penambahan guru agar jumlahnya ideal serta sarpras sekolah yang memadai. Ini jadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dan pihak terkait lainnya,” tuturnya.

Terkait kekurangan guru, Kabupaten Gumas mendapat seratusan kuota Calon Pegawai Negeri Sipil formasi tahun 2019.  Diharapkan hal itu dapat mengatasi permasalahan kekurangan guru di Kabupaten Gumas.

Lebih lanjut, dia juga berpesan kepada generasi muda di daerah ini agar terus belajar, menambah ilmu pengetahuan serta pengalaman, sebagai bekal untuk membangun bangsa dan negara.



“Generasi muda adalah generasi penerus yang akan melanjutkan roda pemerintahan dan pembangunan, jadi saya minta kepada mereka agar terus belajar,” kata perempuan kelahiran Kota Kuala Kurun ini.

Terpisah, Pengawas SMA/SMK Dinas Pendidikan Kalteng untuk wilayah Kabupaten Gumas Serie menerangkan bahwa sudah banyak lulusan SMA sederajat asal Kabupaten Gumas yang diterima di perguruan tinggi favorit.

“Bahkan tahun lalu dari SMA Negeri 1 Tewah ada yang diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya. Ada juga yang diterima di Universitas Lambung Mangkurat, lalu universitas di pulau Jawa,” bebernya.

Keberhasilan siswa Kabupaten Gumas diterima di perguruan tinggi favorit menandakan bahwa mereka berprestasi, dan tentunya itu berkat guru yang mengajar mulai TK, SD, SMP hingga SMA.