PBS diminta fokuskan CSR bantu warga Kapuas tangani COVID-19

id Dprd kapuas, kuala kapuas, ardiansah, virus corona, covid 19, csr, tanggung jawab sosial perusahaan, pbs

PBS diminta fokuskan CSR bantu warga Kapuas tangani COVID-19

Ketua DPRD Kapuas, Ardiansah. (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Perusahaan besar swasta (PBS) yang beroperasi di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah diminta memfokuskan tanggung jawab sosial perusahaan 'corporate social responsibility' (CSR), untuk membantu masyarakat di wilayah kerjanya, dalam rangka pencegahan dan penanganan COVID-19.

“Hal itu guna memenuhi tanggung jawab sosial perusahaan, guna mengatasi kesulitan yang dihadapi masyarakat akibat pandemi COVID-19,” kata Ketua DPRD Kapuas, Ardiansah di Kuala Kapuas, Rabu.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu berharap, agar perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kepala sawit, pertambangan, industri kayu maupun lainnya yang beroperasi di wilayah setempat, turut berpartisipasi mendukung pemerintah dalam upaya penanggulangan maupun pencegahan COVID-19.

Menurutnya, bantuan CSR kepada masyarakat berupa sembako dan lainnya sangat penting diberikan kepada masyarakat di wilayah operasi kerjanya. Ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat sekitar.

“Bisa juga berupa penyemprotan desinfektan, bahkan bila perlu membagikan masker gratis kepada masyarakat sesuai dengan anjuran pemerintah," katanya.

Tindakan seperti itu sangat perlu, sebagai bentuk tanggung jawab sosial dari perusahaan. Hingga pada akhirnya mampu menjaga keseimbangan sosial ekonomi dengan masyarakat, pada lingkungan perusahaan tersebut beroperasi.

Ia menjelaskan, sudah saatnya sekarang PBS bertindak sebagai salah satu garda terdepan mewujudkan tanggung jawab sosial kepada masyarakat di wilayah operasionalnya masing-masing.

“Jangan sampai wabah ini dijadikan alasan bahwa perusahaan juga terdampak. Harus disadari berapa banyak sudah sumber daya alam Kapuas yang diambil dan dinikmati oleh mereka,” tegas Ardiansah.

Wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan Kapuas III itu juga mengungkapkan, saat daya beli ekonomi masyarakat untuk memenuhi bahan pokoknya sangat lemah, sudah seharusnya PBS hadir dan berperan untuk memberikan bantuan.

"Saya berharap perusahaan-perusahaan tersebut peka dan jeli dengan keadaan masyarakat saat ini,” katanya menegaskan.