DPRD: Masyarakat jangan kucilkan keluarga pasien COVID-19

id DPRD: Masyarakat jangan kucilkan keluarga pasien COVID-19,Sigit,Virus Corona, COVID-19

DPRD: Masyarakat jangan kucilkan keluarga pasien COVID-19

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Sigit Widodo membacakan pandangan Fraksi PDIP saat rapat paripurna di gedung DPRD kota setempat. ANTARA/Adi Wibowo

Adi Wibowo (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Sigit Widodo meminta kepada masyarakat jangan pernah mengucilkan pasien maupun keluarga pasien COVID-19.

"Jangan sampai hal tersebut terjadi di daerah kita, karena bagaimana pun virus tersebut dapat disembuhkan. Mereka juga memiliki hak yang sama sebagai warga negara Indonesia maka dari itu jangan dikucilkan," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Meskipun belum ada laporan pasien dan keluarga pasien maupun orang dalam pemantauan (ODP) di Palangka Raya yang dikucilkan, namun masyarakat diimbau jangan sampai melakukan hal seperti itu.

Apabila ada terjadi seperti itu, tentunya bisa menjadi persoalan besar bagi daerah bahkan mambuat susah pemerintah dalam kondisi pandemi COVID-19 seperti ini.

"Mereka yang dinyatakan sembuh oleh tim dokter yang menangani positif COVID-19 itu, tentunya tidak akan menularkan virus kembali maka dari itu kita semangati sehingga mereka bisa beraktivitas seperti biasanya," kata Sigit yang merupakan anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya.

Selain itu juga, Sigit juga meminta masyarakat jangan pernah mengucilkan orang-orang yang dinyatakan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) oleh tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Palangka Raya maupun Provinsi Kalimantan Tengah.

Mereka belum positif terjangkit COVID-19 yang memang menularnya bisa melalui jabat tangan ataupun berdekatan. Bagi mereka yang dinyatakan PDP selama menjalani perawatan tentunya identitasnya tidak pernah diberitahukan kepada publik.

Namun apabila mereka dinyatakan negatif terkena Corona, maka mereka akan dipulangkan dan disuruh banyak mengonsumsi makanan mengandung vitamin serta memberlakukan pola hidup sehat agar tidak mudah terserang virus tersebut.

"Agar virus tersebut lenyap dan tidak menyebar ke daerah kita, mari masyarakat biasakan menjalankan pola hidup sehat. Saya yakin kalau kita melaksanakan hal tersebut virus tersebut sulit akan berkembang dan menyerang ketahanan tubuh manusia," ungkapnya.

Ditambahkan Sigit yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDIP Kota Palangka Raya itu, dengan adanya pandemi COVID-19 di daerahnya, tentunya sangat mengganggu pendapatan ekonomi masyarakat.

"Selama ini banyak masyarakat mengeluh kondisi perekonomiannya terganggu dnegan munculnya wabah Corona. Masyarakat banyak berharap semoga kondisi seperti ini segera berakhir dan aktivitas warga kembali normal seperti biasanya," demikian Sigit.

Baca juga: Disnaker Palangka Raya nantikan realisasi program kartu Pra-kerja