TNI siap bantu penanganan jenazah terkait COVID-19 di Kalteng

id apd, alat pelindung diri, jenazah, pemakaman, tni, kalteng, kalimantan tengah, palangka raya, bandara tjilik riwut, pemulasaran

TNI siap bantu penanganan jenazah terkait COVID-19 di Kalteng

Komandan Korem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudariyanto (kiri) menyerahkan bantuan APD dari pemerintah pusat, kepada Ketua Pelaksana Harian Tim Gugus Tugas COVID-19 Kalteng Darliansjah di Palangka Raya, Selasa, (28/4/2020). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Komandan Korem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudariyanto menjelaskan, pihaknya siap membantu tenaga kesehatan di Provinsi Kalimantan Tengah, menangani jenazah terkait COVID-19.

"Saya sudah membentuk tim penanganan serta pemakaman jenazah terkait COVID-19, apabila petugas kesulitan mengurusinya," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Tim tersebut dibentuk di korem, kodim dan jajaran lainnya yang bertugas khusus menangani jenazah hingga pemakaman terkait COVID-19, jika memang diperlukan.

Dalam hal ini, pihaknya juga telah menyiapkan kelengkapan alat pelindung diri (APD) untuk keperluan tersebut, serta tiap anggota telah diberikan pelatihan sesuai ketentuan yang berlaku.

Sementara itu, pada hari ini Kalteng kembali menerima bantuan APD untuk tenaga medis dari pemerintah pusat yang kembali diangkut menggunakan pesawat TNI AU.

"APD yang kami terima yakni sekitar 90 koli atau sekitar 4.500 buah. APD ini langsung kami serahkan kepada Tim Gugus Tugas COVID-19 Kalteng untuk ditindaklanjuti," jelasnya.

Ketua Pelaksana Harian Tim Gugus Tugas COVID-19 Kalteng Darliansjah mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih karena kembali menerima bantuan APD dari pemerintah pusat.

Bantuan APD tersebut sangat bermanfaat guna memenuhi kebutuhan tenaga medis, agar bisa melaksanakan tugasnya secara optimal menangani permasalahan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

"Sekitar 4.500 APD yang kami terima ini, akan segera didistribusikan oleh Dinas Kesehatan provinsi, sesuai alokasi yang telah ditentukan," ucapnya di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya.

Adapun rencana alokasi 4.500 APD tersebut, meliputi 1.500 APD sebagai persediaan cadangan penyangga, Palangka Raya 800 APD, Kotawaringin Barat 400 APD, Kotawaringin Timur 250 APD, Pulang Pisau 200 APD, Barito Utara 250 APD, Seruyan 200 APD, Katingan 400 APD, serta Murung Raya 500 APD.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar