Bupati Pulpis minta Tim Gugus Tugas awasi pasar mingguan jelang Lebaran

id Bupati Pulpis,Edy Pratowo,pasar mingguan,Lebaran,Bupati Pulpis minta Tim Gugus Tugas awasi pasar mingguan jelang Lebaran,physical distancing

Bupati Pulpis minta Tim Gugus Tugas awasi pasar mingguan jelang Lebaran

Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo. (ANTARA/Adi Waskito)

Pulang Pisau (ANTARA) - Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Edy Pratowo meminta kepada Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19, untuk mengawasi aktivitas pasar mingguan di kecamatan-kecamatan yang diperkiraan mengalami peningkatan menjelang Lebaran.

“Kebutuhan masyarakat untuk berbelanja menjalang Lebaran tentu meningkat dan ini harus di awasi, khususnya untuk penerapan protokol kesehatan,” kata Edy Pratowo di Pulang Pisau, Rabu.

Edy mengatakan, terkait dengan aktivitas di pasar yang beroperasi untuk memenuhi kebutuhan pokok, masyarakat yang berbelanja diminta mematuhi anjuran pemerintah terhadap pelaksanaan protokol kesehatan dengan tetap menjaga pola physical distancing dan menggunakan masker. 

Baca juga: Bupati Pulpis ingatkan Disnakertrans soal proses pendaftaran Kartu Pra Kerja

Masyarakat, kata Edy Pratowo, harus tetap diberikan kesadaran karena seperti pasar mingguan bisa menjadi potensi penyebaran COVID-19. Selain itu pedagang-pedagang yang masuk dan menggelar lapak, ada juga pedagang yang berasal dari luar daerah sehingga harus diantisipasi oleh semua pihak.

Menjelang Lebaran aktivitas pasar mingguan di kecamatan diperkirakan semakin membludak. Tim Gugus Tugas juga diminta untuk mengatur tata letak atau jarak lapak-lapak pedagang. Minimal ada jarak yang harus diberikan dengan menyediakan fasilitas cuci tangan untuk antisipasi penyebaran COVID-19.

Edy Pratowo juga meminta kepada Tim Gugus Tugas agar dalam melaksanakan tugas dan sosialisasi, mengedepankan langkah humanis kepada masyarakat, sehingga pesan-pesan sosialisasi dapat tersampaikan dan diterima dengan baik oleh masyarakat.

Baca juga: 16.801 KK miskin di Pulang Pisau diusulkan terima bantuan sosial

Baca juga: Jalin kerja sama dengan IMQ, Pulpis optimalkan penyebarluasan informasi publik melalui ANTARA

Selaku Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19, dirinya juga mengingatkan agar tim dan masyarakat tidak lengah, meski penyebaran COVID-19 di Kabupaten Pulang Pisau cenderung menurun dan tidak melonjak seperti daerah lain. 

Apresiasi terhadap kinerja tim dalam pencegahan dan penanganan COVID-19 juga diberikan dan berharap semua personel selalu menjaga kesehatan dan tetap semangat dalam bekerja. 

“Penanganan COVID-19 adalah pekerjaan mulia dan menjadi tugas kemanusiaan.  Tim diminta untuk terus melakukan sosialisasi pemutusan mata rantai penularan COVID-19 di seluruh wilayah Kabupaten Pulang Pisau,” demikian Edy Pratowo.

Baca juga: Pulang Pisau aktifkan posko perbatasan selama 24 jam

Baca juga: Pedagang pasar di Pulpis diajak ikut kampanyekan pencegahan COVID-19