Kasus positif COVID-19 di Sukamara kembali bertambah

id Pemkab Sukamara, sukamara, kasus positif covid, covid 19, virus corona

Kasus positif COVID-19 di Sukamara kembali bertambah

Wakil Bupati Sukamara Ahmadi menyampaikan informasi terkait pasien positif bertambah, Sabtu, (30/5/2020). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Sukamara (ANTARA) - Wakil Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah Ahmadi menerangkan, berdasarkan hasil PCR pada 29 Mei 2020 di laboratorium balai besar teknik kesehatan lingkungan dan pengendalian penyakit Banjarbaru, dinyatakan satu warga terkonfirmasi positif COVID-19.

“Pasien terkonfirmasi positif tersebut berasal dari Desa Sungai Damar, Kecamatan Pantai Lunci,” katanya di Sukamara, Sabtu.

Pasien terkonfirmasi positif tersebut merupakan warga yang terdaftar sebagai orang tanpa gejala (OTG), karena kontak erat dengan pasien positif sebelumnya yang berasal dari kluster Temboro.

Pasien ini merupakan OTG beserta 29 warga lainnya dan telah diambil swabnya di Desa Sungai Damar pada 19 Mei 2020 lalu, serta diperiksa di BBTKL PP Banjarbaru.

"Memerhatikan hal tersebut, maka saat ini jumlah positif COVID-19 di Sukamara menjadi dua orang,” jelasnya.

Ahmadi menerangkan, diperlukan kesadaran bersama dalam meningkatkan pemahaman yang baik, atas kemungkinan masih adanya muncul pasien positif COVID-19 baru.

Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sukamara ini juga berharap, bagi masyarakat yang berasal dari daerah terpapar COVID-19 agar selalu patuh melakukan karantina di BPG atau karantina mandiri selama 14 hari, dengan pengawasan ketat dari RT, RW, pihak desa maupun kelurahan.

“Sebab, hal tersebut memungkinkan adanya potensi munculnya penularan kluster baru dari wilayah terpapar," terangnya.

Maka untuk memutuskan mata rantai penularan COVID-19, perlu kejujuran dari masyarakat, serta disiplin mengikuti protokol kesehatan pada masa pandemi saat ini.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar