Kluster pasar besar kembali tambah jumlah kasus positif COVID-19 di Kalteng

id Kluster pasar besar palangka raya, covid 19, virus corona, new normal, kalteng, kalimantan tengah, pasien positif, lonjakan kasus, tim gugus tugas

Kluster pasar besar kembali tambah jumlah kasus positif COVID-19 di Kalteng

Ilustrasi - Warga. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.

Palangka Raya belum bisa 'new normal' karena tingkat penularannya masih diatas satu...
Palangka Raya (ANTARA) - Berdasarkan data terbaru yang dirilis Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kalimantan Tengah pada Minggu (31/5), kembali terjadi penambahan kasus positif baru.

Terkonfirmasi positif baru berasal dari Palangka Raya 10 orang, serta Gunung Mas dan Barito Timur masing-masing 1 orang, kata Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kalteng Sugianto Sabran, melalui Wakil Ketua Harian Suyuti Syamsul di Palangka Raya.

"Kasus positif baru ini, diantaranya kontak dengan anggota keluarga yang positif dan kluster pasar besar," ungkapnya yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kalteng tersebut.

Selain itu, juga terjadi penambahan pasien meninggal akibat COVID-19 dari Palangka Raya sebanyak 1 orang. Hanya saja ia menjelaskan, pasien tersebut bukan termasuk kluster pasar besar.

"Yang meninggal lain atau bukan kluster pasar besar. Sepertinya penularan lokal," jelasnya.

Baca juga: Palangka Raya lakukan penyekatan di kawasan pasar

Baca juga: Kasus positif COVID-19 klaster Pasar Besar capai 29 kasus

Baca juga: Palangka Raya belum siap menerapkan normal baru


Dalam beberapa hari terakhir, kasus positif COVID-19 di Palangka Raya terus bertambah. Berdasarkan data gugus tugas provinsi, pada 28 Mei penambahan sebanyak 4 orang, 29 Mei sebanyak 2 orang, 30 Mei sebanyak 2 orang, serta 31 Mei sebanyak 10 orang.

Hingga hari ini jumlah kasus positif di Palangka Raya sebanyak 113 orang, terdiri dari 53 dalam perawatan, 54 sembuh, serta 6 meninggal. Suyuti menyebut, Palangka Raya belum bisa terapkan 'new normal'.

"Palangka Raya belum bisa 'new normal' karena tingkat penularannya masih diatas satu," katanya menjelaskan.

Baca juga: Kluster Pasar Besar Palangka Raya sebanyak 27 kasus, diantaranya ada anak-anak

Baca juga: Kadishub Palangka Raya : 90 persen sopir pengangkut logistik dilengkapi suket 'rapid test'


Sementara itu, pada hari ini juga ada sebanyak 5 pasien sembuh, berasal dari Palangka Raya 1 orang, Kotawaringin Timur 1 orang, Kotawaringin Barat 2 orang, serta Murung Raya 1 orang.

Secara kumulatif, jumlah positif COVID-19 Kalteng sebanyak 408 kasus, terdiri dari 219 dalam perawatan, 169 sembuh dan 20 meninggal. Pasien dalam pengawasan (PDP) 56, orang dalam pemantauan (ODP) 153, serta orang tanpa gejala (OTG) 1.308 orang.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar