PT Sukajadi Sawit Mekar 'restocking' ikan lokal dukung konservasi dan ketahanan pangan

id PT Sukajadi Sawit Mekar jalankan

PT Sukajadi Sawit Mekar 'restocking' ikan lokal dukung konservasi dan ketahanan pangan

Senior Manager Musim Mas Group Wilayah Kalteng Teuku Kanna dan General Manager Musim Mas Group Regional Kalteng Rusli Salim melepas benih ikan saat kegiatan "restocking" ikan lokal di Desa Sebabi, Rabu (17/6/2020). ANTARA/HO-PT SSM

Sampit (ANTARA) - Perusahaan besar perkebunan kelapa sawit PT Sukajadi Sawit Mekar menebar 40.000 benih ikan lokal di Sub DAS Seranau Desa Sebabi Kecamatan Telawang Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, untuk mendukung program konservasi lingkungan dan ketahanan pangan yang gencar dilaksanakan pemerintah.

"Kegiatan "restocking" benih ikan jenis lokal ke perairan setempat bertujuan untuk menambah populasi individu ikan jenis lokal. Ini sekaligus upaya menambah ketahanan pangan, memenuhi protein masyarakat. Dalam tiga atau empat bulan kedepan ikannya akan besar dan berkembang biak," kata Senior Manager Musim Mas Group Wilayah Kalimantan Tengah, Teuku Kanna di Sampit, Rabu.

Kegiatan ini dihadiri General Manager Musim Mas Group Regional Kalimantan Tengah Rusli Salim, Camat Telawang Nofarin Kalawa dan Kepala Desa Sebabi Dematius. Mereka bersama-sama melepaskan benih ikan seraya berharap ikan tersebut cepat besar dan berkembang biak sehingga hasil tangkapan warga setempat melimpah.

Benih ikan lokal yang ditebar diantaranya jenis jelawat, betok atau pepuyu, patin dan lainnya. Kegiatan yang merupakan bagian realisasi program tanggung jawab sosial atau CSR (corporate social responsibility) PT Sukajadi Sawit Mekar ini digagas oleh Pabrik Kelapa Sawit SSM-1 dan SSM-2 bekerjasama dengan pemerintah desa setempat.

Kualitas air sungai di kawasan itu dinilai masih cukup bagus sehingga memungkinkan untuk penebaran benih ikan. Pelepasan ikan lokal ke habitat alam ini juga merupakan upaya pihak perusahaan mendukung konservasi lingkungan sehingga populasi ikan di kawasan itu kembali bertambah dan nantinya akan memberikan hasil melimpah bagi masyarakat.

Selain untuk memenuhi konsumsi keluarga, hasil tangkapan ikan tersebut nantinya bisa dijual sehingga masyarakat bisa mendapatkan penghasilan. Hingga saat ini masih banyak warga yang mengandalkan pendapatan dari hasil tangkapan ikan.
General Manager Musim Mas Group Regional Kalteng Rusli Salim memberikan sambutan saat kegiatan "restocking" ikan lokal di Desa Sebabi, Rabu (17/6/2020). ANTARA/HO-PT SSM


Penebaran benih ikan tersebut juga membuktikan bahwa kelestarian lingkungan masih terjaga dengan baik. Benih ikan yang ditebar diharapkan akan memberikan hasil tangkapan menggembirakan bagi masyarakat.

"Mudah-mudahan nanti hasilnya bagus dan semakin banyak populasi ikan di sini sehingga hasil tangkapan ikan warga juga semakin banyak. Setidaknya, ini untuk memenuhi kebutuhan protein keluarga karena itu sangat penting," kata Kanna.

Seperti diketahui, ikan banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Selain untuk asupan gizi, mengonsumsi ikan juga berdampak positif bagi kemampuan otak serta mencegah stunting atau gagal tumbuh pada anak.

Penebaran benih ikan merupakan kegiatan lain yang dilakukan PT Sukajadi Sawit Mekar dalam mendukung program ketahanan pangan. Pekan lalu, perusahaan yang bernaung di bawah bendera Musim Mas Group ini melakukan panen jagung, ubi dan sayuran yang mereka tanam di sela areal perkebunan kelapa sawit mereka.

Perusahaan ini juga membudidayakan ikan yang hasilnya nantinya untuk memenuhi kebutuhan konsumsi, khususnya pekerja perusahaan setempat. Kegiatan ini dilaksanakan berkelanjutan untuk mendukung ketahanan pangan daerah.

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar optimalkan CAP dukung ketahanan pangan

Baca juga: Bupati Kotim puji kepedulian Musim Mas Group bantu penanganan COVID-19

Baca juga: Musim Mas Group bantu semua desa sekitar perusahaan cegah COVID-19

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar