Legislator imbau IRT di Palangka Raya manfaatkan pekarangan bantu ketahanan pangan

id Dprd palangka raya, legislator, ruselita, pekarangan rumah, ketahanan pangan

Legislator imbau IRT di Palangka Raya manfaatkan pekarangan bantu ketahanan pangan

Legislator Palangka Raya Ruselita. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Ruselita mengimbau kepada para ibu rumah tangga atau IRT, memanfaatkan pekarangan rumah agar bisa ditanami berbagai jenis tanaman yang bisa dipanen untuk kebutuhan sehari-hari.

"Tanaman yang disarankan itu seperti cabai, berbagai jenis sayur-sayuran dan buah-buahan yang manfaatnya untuk warga itu sendiri, sehingga tidak hanya bergantung dengan pasar," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Ketahanan pangan tentunya menjadi perhatian pemerintah kota di daerah setempat, agar kebutuhan masyarakat di wilayah itu selalu tersedia. Apalagi di tengah pandemi COVID-19, persoalan pangan tentu juga berdampak kepada masyarakat.

Maka dari itu pemkot setempat melalui instansi terkaitnya gencar mengajak masyarakat untuk menanam tanaman pangan dan hasilnya bisa dimanfaatkan, baik untuk dijual maupun dikonsumsi sendiri.

"Apabila hal ini bisa dilakukan para IRT yang ada di Palangka Raya, maka ketahanan pangan tidak akan pernah bergantung dari daerah lain dan masyarakat tentu tidak akan kelaparan," ucapnya.

Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya itu menegaskan, sampai kapan selesainya persoalan COVID-19 sama sekali belum ada yang bisa memastikan.

Makanya pemanfaatan pekarangan serta lahan kosong di tengah pandemi COVID-19 sangatlah bermanfaat dan penting. Sebab banyak masyarakat yang terdampak perekonomiannya karena pandemi yang berlangsung hingga saat ini.

"Semoga imbauan saya ini bisa memacu masyarakat terkhusus para IRT, sehingga kebutuhan sehari-hari selalu bisa terpenuhi dengan baik," ungkapnya.

Politisi Partai Perindo Palangka Raya itu menambahkan, pihaknya meminta kepada masyarakat agar membantu pemerintah kota menanggulangi virus corona dengan berbagai cara yang sudah dianjurkan selama ini.

"Salah satunya dengan menjaga jarak, perbanyak cuci tangan serta mengikuti protokol kesehatan penanganan COVID-19 lainnya yang selama ini terus disosialisasikan," terangnya.