Legislator Seruyan harapkan penyerapan tenaga kerja lokal dioptimalkan

id Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Masfuatun ,DPRD Kabupaten Seruyan,Legislator DPRD Kabupaten Seruyan,penyerapan tenaga kerja lokal,tenaga kerja l

Legislator Seruyan harapkan penyerapan tenaga kerja lokal dioptimalkan

Anggota DPRD Seruyan Masfuatun (tengah, baju biru) saat bersama jajaran Anggota Dewan lainnya, di Kuala Pembuang, baru-baru ini. ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang, Seruyan (ANTARA) - Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Masfuatun mendorong pihak Perusahaan Besar Swasta, baik sektor perkebunan maupun lainnya yang beroperasi di wilayah setempat, agar lebih memperhatikan serta lebih mengoptimalkan penyerapan tenaga kerja dari masyarakat setempat.

“Saya harap, penyerapan tenaga lokal di perusahan agar bisa di optimalkan, sehingga bisa mengurangi angka pengangguran di daerah tersebut,” kata Masfuatun di Kuala Pembuang, Senin.

Anggota DPRD Kabupaten Seruyan itu mengaku, dari informasi yang ada di wilayah setempat mengenai penyerapan tenaga kerja lokal di setiap PBS, selalu menekankan pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai.

Dia mengatakan hal tersebut bukanlah hal yang keliru, mengingat setiap perusahaan sendiri mengedepankan kualitas kinerja yang dilakukan oleh setiap karyawan untuk perusahaannya masing-masing dengan timbal balik jaminan perekonomian bagi yang bersangkutan.

Kemudian, tidak hanya perusahaan, bahkan lembaga perbankan seperti Bank Kalteng berdasarkan pembahasan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dilakukan bersama jajaran DPRD Seruyan beberapa waktu lalu dalam perekrutan pegawainya tidak hanya mengedepankan kuantitas, tetapi lebih kepada kualitas.

"Bahkan Bank Kalteng dalam hearing lalu yang mana mereka memang masih terkendala SDM yang terbatas, lalu saya sarankan bagaimana kalau lakukan perekrutan saja, kan banyak di Seruyan ini lulusan-lulusan sarjana setiap tahunnya," ungkapnya.

Baca juga: Fraksi Kedesa DPRD Seruyan dukung pemekaran sejumlah desa

Menurut wakil rakyat Seruyan itu, jika dalam perekrutan pegawai maupun karyawan disetiap perusahaan dan lain sebagainya terkendala dengan kualitas SDM yang ada di Seruyan, dirinya menilai hal tersebut merupakan sebuah hal yang kurang tepat.

Dia mengatakan di Seruyan sebagian besar masyarakatnya terpelajar, terlebih setiap tahunnya selalu melahirkan pemuda-pemudi maupun masyarakat lulusan sarjana yang juga mempunyai kualitas SDM yang memadai dan mampu bersaing. 

"Semoga ini bisa jadi atensi tersendiri dari perusahaan-perusahaan yang ada di Seruyan," demikian Masfuatun.

Baca juga: Bupati Seruyan minta maksimalkan sosialisasi pencegahan karhutla

Baca juga: Pemkab Seruyan tiadakan perlombaan perayaan HUT RI

Baca juga: Pembangunan memerlukan koreksi hingga kritik, kata Bupati Seruyan

Baca juga: Dinkes Seruyan minta masyarakat waspadai wabah DBD

Baca juga: WNA asal Malaysia di Seruyan dilaporkan ke polisi