Pasca banjir, Pemkab Lamandau lakukan pemetaan infrastruktur

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik, pasca banjir, pemetaan infrastruktur, bupati hendra lesmana, pemetaan infrastruktur lamandau

Pasca banjir, Pemkab Lamandau lakukan pemetaan infrastruktur

Foto Dokumentasi-Bupati Lamandau Hendra Lesmana terjun ke lokasi banjir untuk mendistribusikan bantuan sembako kepada para korban musibah banjir di Nanga Belantikan beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-Pemkab Lamandau.

Nanga Bulik (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah akan melakukan pemetaan infrastruktur pasca musibah banjir yang cukup besar terjadi di wilayah setempat yang kini mulai surut.

"Usai banjir yang kini sudah mulai surut, selanjutnya adalah tahapan pemulihan atau 'recovery'," kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat dihubungi dari Nanga Bulik, Kamis.

Pasca banjir salah satu yang pihaknya lakukan, yakni pemetaan infrastruktur utamanya sejumlah ruas jalan di wilayah setempat. Sebab sebagian jalan ada yang tergenang banjir dan berpotensi terjadi kerusakan.

Dalam penanganannya nanti juga akan melibatkan dunia usaha. Hanya saja menurutnya, secara umum konektivitas antara desa dan kecamatan tetap bisa terhubung, meski sekalipun ada terjadi kerusakan dampak dari banjir.

Lebih lanjut Hendra menjelaskan, berdasarkan penyampaian dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), intensitas hujan di Lamandau memang sangat luar biasa tinggi dibandingkan sejak beberapa tahun terakhir, sehingga musibah banjir pun tak bisa terhindarkan.

Untuk itu, saat banjir mulai surut, pihaknya pun fokus kepada tahapan pemulihan, baik terhadap kondisi daerah maupun masyarakat.

Adapun terkait banjir tersebut, sebelumnya ada hampir 4.000 kepala keluarga dari 33 desa di delapan kecamatan terdampak, kini sudah mulai kembali ke rumahnya masing-masing dan tanggap darurat sudah dicabut.

Selanjutnya pihaknya juga masih akan menyalurkan sejumlah bantuan, seperti paket sembako yang diterima secara langsung dari Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, untuk diserahkan kepada warga terdampak banjir.

Adapun bantuan terbaru yang pihaknya terima itu, sebanyak 300 paket sembako untuk warga terdampak banjir, diantaranya terdiri dari beras, mi instan, gula hingga susu yang diharapkan mampu meringankan beban masyarakat.

"Kami berterima kasih atas berbagai bantuan dan dukungan dari gubernur maupun pemerintah provinsi selama ini, dalam upaya penanganan banjir di Lamandau," kata Hendra Lesmana.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar