PMI Kotim salut respons cepat masyarakat membantu pasokan darah

id PMI Kotim salut respons cepat masyarakat membantu pasokan darah, PMI Kotim, donor darah, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

PMI Kotim salut respons cepat masyarakat membantu pasokan darah

Warga dengan beragam profesi kompak mendonorkan darahnya di UTD PMI Kotawaringin Timur untuk membantu sesama yang membutuhkan sumbangan darah, Senin (27/7/2020). ANTARA/Istimewa

Sampit (ANTARA) - Palang Merah Indonesia Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah salut dengan respons cepat masyarakat setempat dalam membantu memenuhi kebutuhan darah agar stok tetap terjaga.

"Alhamdulillah persediaan darah saat ini aman. Kami sangat berterima kasih atas kepedulian masyarakat Kotawaringin Timur untuk membantu sesama dengan mendonorkan darahnya," kata Kepala Unit Donor Darah PMI Kotawaringin Timur, dr Yuendri Irawanto di Sampit, Selasa.

Kebutuhan darah di Kotawaringin Timur cukup tinggi. Dalam satu bulan kebutuhan darah lebih dari 600 kantong.

Kondisi inilah yang membuat UTD PMI Kotawaringin Timur terus gencar mencari pasokan darah. Masyarakat diimbau mendonorkan darah secara rutin untuk membantu memenuhi tingginya kebutuhan darah.

Saat permintaan darah melonjak, PMI terkadang harus jemput bola meminta pendonor darah rutin yang sudah tiba waktu donor untuk segera mendonorkan darahnya. Ini cara agar permintaan darah tetap bisa dipenuhi.

Seperti Jumat (24/7) lalu, UTD PMI Kotawaringin Timur mengirim pesan berantai bahwa stok darah sedang menipis untuk semua golongan darah. Pesan tersebut dengan cepat menyebar melalui grup pesan singkat dan media sosial sehingga banyak warga yang datang menyumbangkan darah.

Baca juga: DPRD Kotim apresiasi perusahaan bantu peningkatan jalan

Berdasarkan data, persediaan darah pada Selasa pagi terdiri dari golongan A sebanyak 32 kantong, B sebanyak 37 kantong, O sebanyak 73 kantong dan AB sebanyak 13 kantong. Hingga pukul 15.49 WIB terdapat penambahan donor darah sebanyak 37 kantong darah.

"Kami tidak henti-hentinya mengajak masyarakat mendonorkan darahnya. Stok darah harus selalu kita jaga untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan karena ini berkaitan dengan nyawa seseorang," ujar Yuendri.

Sementara itu Raihansyah, salah seorang warga mengaku selalu berusaha rutin mendonorkan darahnya setiap tiga bulan sekali. Pria yang menjabat Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur ini mengaku senang bisa mendonorkan darah untuk membantu sesama.

"Mudah-mudahan darah saya ini bermanfaat membantu orang yang membutuhkan. Mudah-mudahan saya juga selalu diberi kesehatan," demikian Raihansyah.

Baca juga: DPRD Kotim imbau partai politik kompak dukung pilkada damai

Baca juga: Sistem pengamanan Pilkada Kotim disesuaikan potensi kerawanan