DPRD Kotim imbau partai politik kompak dukung pilkada damai

id DPRD Kotim imbau partai politik kompak dukung pilkada damai, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur, DPRD Kotim, Rudianur, pilkada Kotim, pilkada kalteng

DPRD Kotim imbau partai politik kompak dukung pilkada damai

Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur Rudianur membubuhkan tanda tangan saat deklarasi mendukung pilkada damai. Kegiatan ini digelar sebelum simulasi Sispamkota pengamanan Pilkada serentak di Stadion 29 November Sampit, Selasa (28/7/2020). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah mengimbau seluruh partai politik berkomitmen mendukung terciptanya pemilu kepala daerah yang aman, damai dan lancar.

"Partai politik harus berperan dalam menciptakan pilkada yang akan dan damai. Partai politik punya andil dalam pelaksanaan pilkada ini. Untuk itu penting bagi seluruh pengurus, kader dan simpatisan partai politik serta tim sukses pasangan calon kepala daerah untuk bersama-sama mewujudkan ini," kata Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur Rudianur di Sampit, Selasa.

Rudianur menghadiri simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) pengamanan perbatasan pemilu kepala daerah serentak yang dilaksanakan di Stadion 29 November Sampit. Kegiatan ini sebagai bentuk kesiapsiagaan pengamanan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah serta Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur pada 9 Desember nanti.

Kegiatan yang digagas Polres Kotawaringin Timur itu juga diisi penandatanganan sekaligus deklarasi pilkada damai yang diikuti perwakilan partai politik, serta sejumlah pemangku kepentingan.

Rudianur mengapresiasi inisiatif kegiatan tersebut. Dia berharap deklarasi itu benar-benar dijalankan oleh seluruh partai politik untuk bersama-sama menciptakan pilkada yang aman dan damai.

Partai politik dinilai juga punya peran penting dalam menciptakan pilkada yang aman dan damai. Selain sebagai pengusung pasangan calon peserta pilkada, partai politik juga bisa mengarahkan seluruh kader dan simpatisan untuk mendukung terciptanya pilkada yang aman dan damai.

Rudianur yang merupakan politisi Partai Golkar, yakin seluruh partai politik mempunyai semangat yang sama untuk menyukseskan pilkada. Partai politik bisa menjadi penggerak dan contoh bagi masyarakat dalam mendukung kesuksesan pilkada.

Baca juga: Sistem pengamanan Pilkada Kotim disesuaikan potensi kerawanan

"Partai politik melalui seluruh kader, simpatisan serta tim sukses pasangan calon juga diharapkan mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik saat pemungutan suara nanti sehingga tingkat partisipasi pemilih meningkat," kata Rudianur.

Sementara itu terkait pengamanan, legislator dari daerah pemilihan 3 yang meliputi Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hilir Selatan, Teluk Sampit dan Pulau Hanaut ini mengapresiasi kesiapsiagaan Polri yang didukung TNI serta semua pihak.

Rudianur mengajak seluruh masyarakat mendukung pelaksanaan pilkada serentak agar berjalan aman dan lancar. Masyarakat diharapkan proaktif memastikan nama mereka masuk dalam daftar pemilih.

Masyarakat juga diimbau bersama-sama menjaga daerah agar selalu aman dan kondusif. Perbedaan pilihan dalam politik adalah hal biasa, sehingga jangan sampai mengganggu kekompakan, apalagi sampai menimbulkan konflik.

Baca juga: DPRD Kotim dorong pelaku balap liar dijerat pidana

Baca juga: DPRD Kotim siap bahas KUA-PPAS 2021