Pembagian daging kurban di Kapuas diharapkan ringankan beban masyarakat

id Pemkab kapuas, rsud kuala kapuas kurban sapi, idul adha

Pembagian daging kurban di Kapuas diharapkan ringankan beban masyarakat

Pemotongan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) Jalan Meranti Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas. (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Berbagai pihak di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah dengan melaksanakan pemotongan hewan kurban.

Salah satunya yakni Rumah Sakit Umum Daerah dr Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak 11 ekor, terdiri dari delapan sapi dan tiga kambing.

“Tahun ini RSUD berkurban sesuai syariat Islam untuk berbagi kepada sesama yang sedang kesulitan di masa pandemi COVID-19,” kata Direktur RSUD dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas, dr Agus Waluyo di Kuala Kapuas, Minggu.

Tahun sebelumnya, kata Agus, pihaknya juga melaksanakan kegiatan serupa yakni pemotongan hewan kurban sebanyak tujuh ekor, terdiri dari lima ekor sapi dan dua ekor kambing.

Pada masa pandemi COVID-19 ini, melalui kegiatan kurban tersebut, pihaknya ingin berbagi bersama warga guna membantu meringankan beban hidup mereka karena tidak bisa melakukan aktivitas secara normal.

Untuk menaati protokol kesehatan penyembelihan dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH) Jalan Meranti, Kota Kuala Kapuas, agar tidak melanggar aturan protokol kesehatan.

"Dengan berbagi daging kurban ini, semoga mendapat berkah, bermanfaat dan berguna bagi masyarakat yang menerima," jelasnya.

Selain itu, pihaknya berharap pandemi COVID-19 cepat berlalu dan aktivitas masyarakat bisa kembali normal dengan tetap berpatokan pada protokol kesehatan, seperti selalu menggunakan masker, cuci tangan dengan air mengalir, serta hindari kerumunan.

“Adapun daging hewan kurban kami bagikan kepada pegawai di RSUD dan warga yang memang tidak mampu,” katanya menjelaskan.